Masalah Ekonomi


Assalamu'alaykum sahabat DESBUD.ID yang dirahmati Allah. Belajar Ekonomi itu sangat penting bagi kita. Sebab dengan mempelajarinya, kita akan dapat dengan mudah mengatur dan mengelola kebutuhan kita dengan segala keterbatasan alat pemuas kebutuhan yang ada. Kita mengetahui bahwa kebutuhn manusia yang tidak terbatas, namun alat pemuas kebutuhan yang tersedia terbatas.Hal inilah yang menjadi masalah utama ekonomi.

Masalah Ekonomi terdiri dari masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern. Masalah Ekonomi Klasik bidang Produksi tentang bagaimana cara atau metode memproduksi barang/jasa yang akan di jual. Masalah ekonomi klasik bidang Distribusi berupa bagaimana caranya supaya barang hasil produksi tersebut bisa diterima oleh pembeli. Sedangkan masalah ekonomi klasil bidang Konsumsi tentang apakah barang/jasa yang diproduksi memang dibutuhkan oleh pembeli.

Masalah ekonomi modern meliputi Apa jenis dan Berapa banyak jumlah yang akan di produksi. Bagaimana cara atau metode barang/jasa akan dihasilkan, atau Bagaimana sumber daya (kuantitas dan kualitas) yang akan memproduksi. Dan Untuk siapa barang/jasa tersebut dihasilkan, atau dengan kata lain siapa target market/pangsa pasarnya.

Dengan demikian, mari kita pelajari bagaimana kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan manusia tersebut. 

Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia tentu tidak hanya sekedar makan, pakaian, tempat tinggal yang biasa kita sebut dengan kebutuhan primer saja. Namun masih banyak kebutuhan lainnya. Masalah ekonomi dirasakan oleh semua lapisan, jadi bukan hanya perseorangan saja tetapi dialami juga oleh perusahaan dan Negara, yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya yang begitu banyak dan beraneka ragam dengan sumber-sumber yang terbatas. Untuk memenuhi kebutuhannya manusia melakukan aktivitas ekonomi dan mengatur sistem ekonomi tertentu untuk mencari solusi karena kebutuhan sering di identikkan dengan kata kekurangan hal inilah yang menimbulkan keinginan untuk memenuhinya.

Kajian lebih lanjut akan kita bahas dalam pertemuan dikelas ya.

Alat Pemuas Kebutuhan

Letak geografis wilayah disetiap Negara di dunia memilki perbedaan yang signifikan, mulai dari budaya, tata pemerintahan, tingkat kesuburan, dan iklim. Hal demikian memungkinkan satu Negara memiliki kebutuhan yang hanya ada di Negara tertentu, jadi apabila permintaan akan kebutuhan akan barang tertentu meningkat sedangkan sumber daya tersebut ada di tempat lain maka dapat menimbulkan Kelangkaan Alat Pemuas Kebutuhan. Beberapa hal yang menyebabkannya adalah :

a. Terbatasnya persediaan sumber alam.
b. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
c. Keserakahan manusia dengan akibat berkurangnya benda pemuas kebutuhan, atau menjadi cepat rusaknya benda, misalnya: penebangan hutan liar.
d. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru.

Ingin tahu lebih lanjut? Masuk kelas yuk.

Related Posts

Post a Comment