Berkolaborasi Bersama Dengan Program Praktisi Mengajar

 

Sumber : https://praktisimengajar.id/

Sekilas Tentang Praktisi Mengajar

Praktisi mengajar adalah baian dari Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang menghubungkan mahasiswa Indonesia dengan praktisi yang kompeten melalui mata kuliah kolaborasi bersama akademisi agar lulusan dapat memperoleh ilmu dan kecakapan yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di dunia kerja.

Dalam Program Praktisi Mengajar, mata kuliah dirancang dan dikelola bersama oleh dosen dan praktisi sehingga mahasiswa akan mendapat pembelajaran holistik yang menghubungkan teori dengan praktik lapangan untuk bisa siap kerja dan menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai pilihan karir sesuai dengan minat dan potensinya.

Mengapa Perlu Praktisi Mengajar?

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Willis Towers Watson, delapan dari sepuluh perusahaan di Indonesia sulit mendapatkan lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang siap pakai. Lebih lanjut dari sumber yang sama, setiap perusahaan memiliki standar perekrutan karyawan namun tidak semua lulusan bisa memenuhi persyaratan untuk posisi yang dibuka.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim, yang menilai lulusan perguruan tinggi seringkali dikeluhkan oleh dunia kerja karena dianggap kurang memiliki kemampuan komunikasi, kurang mampu kolaborasi, kurang disiplin, tidak tepat waktu, dan tidak mampu membuat keputusan secara mandiri.

Dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia mengajak semua pihak dalam sistem pendidikan Indonesia untuk terlibat dalam memerdekakan pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak para praktisi dunia kerja untuk aktif menghadirkan solusi atas permasalahan tersebut melalui Program Praktisi Mengajar.

Gelombang Dosen Mandiri

Untuk seluruh dosen perguruan tinggi di Indonesia dapat membuat akun dan mengirimkan proposal mata kuliah secara langsung melalui platform program praktisi mengajar sampai 9 September 2022 melalui link DAFTAR.

Anda Ingin Berpartisipasi Sebagai Praktisi?

Berikut lima syarat mudah bagi praktisi untuk berkolaborasi :

  • Memiliki motivasi kuat untuk berkontribusi di bidang pendidikan
  • Telah bekerja dan/atau membuka usaha sendiri (berwirausaha) selama minimal tiga yahun, dihitung secara kumulatif sejak lulus perguruan tinggi minimal D3 atau sederajat. Ketentuan ini dikecualikan bagi atlet atau seniman yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing
  • Saat ini masih bekerja/usaha masih beroperasi
  • Memiliki keahlian yang dapat diajarkan
  • Tidak memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Tenaga Kependidikan (NITK)

Berikut materi presentasi untuk praktisi

Sumber : praktisimengajar.id


Related Posts

Post a Comment