Strategi Dan Aplikasi Penerapan E-Business

11 comments


DESBUD.ID - Alhamdulillah. Setelah sahabat-sahabat mempelajari strategi menganalisis pasar dan lingkungannya, kemudian bagaimana sahabat-sahabat semua menerapkan strategi dan mengaplikasikan bisnis berbasis international network atau yang biasa dikenal sebagai e-business atau e-commerce.  

Banyak saat ini di kalangan anak muda yang menggunakan maupun memanfaatkan jual beli online untuk memenuhi kebutuhannya maupun memasarkan produknya. Munculnya jual beli online menyebabkan berbagai produk bisa dilihat serta diketahui harga bahkan menegosiasikan harga tanpa harus datang langsung ke tempat barang tersebut di jual. Setiap hari semakin banyak jenis toko online merupakan bentuk pencarian masyarakat pada tatanan hidup yang lebih modern, efesien dan efektif.

Pada tahun 2011, Neilsen menyatakan bahwa lebih dari 70% penduduk Indonesia melakukan aktivitas online melalui jejaring sosial. Artinya hal ini menjadi potensi bagi para pebisnis online untuk memasarkan produknya melalui jejaring sosial.

Lalu kemudian apa itu yang dimaksud dengan E-Bussines, bagaimana strategi bisnis, kondisi dan situasi pasar digital, serta ancaman cyber crime yang terus menghantui penggunanya. Kajian ini akan kita bahas dalam kegiatan syncronous melalui video conference bersama kelompok 4.


Defi Indri adalah seorang Sarjana Pendidikan Ekonomi yang bertekad untuk mendirikan usahan bisnis dalam bidang jual beli barang via internet. Saat ini ia memiliki toko pakaian dengan karyawan sebanyak 5 orang. Sistem penjualan pakaian selama ini konsumen dapat membeli langsung di toko atau memesan melalui internet, karena setiap model pakaian ditampilkan melalui internet. Defi Indri juga telah mampu mendesain sendiri berbagai jenis pakaian dan hingga proses penjahitan dilakukan oleh karyawan yang berpengalaman, sehingga kualitas hasil pekerjaan mampu bersaing di pasar.

Dalam 1 (satu) tahun terakhir penjualan melalui internet ternyata lebih berkembang dibandingkan penjualan langsung. Namun ia sering menghadapi kendala yaitu pengiriman barang jika dilakukan melalui pengiriman khusus harga terlalu mahal, namun jika dilakukan via angkutan darat seperti bus dan cargo membutuhkan waktu selama 7 s/d 10 hari. Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan konsumen tentunya akan kecewa atau akan berpindang untuk membeli produk dari toko lain. Apalagi selama ini persaingan penjualan via internet semakin tinggi.

Silahkan masuk room menggunakan LINK VICON.

Pada akhir perkuliahan, silahkan mengisi daftar hadir dan form penilaian melalui LINK DAFTAR HADIR.


Berdasarkan kasus tersebut, bagaimana solusi dan strategi yang bisa sahabat berikan dengan pandangan pendekatan e-business. Silakan sahabat berikan tanggapannya melalui kolom komentar.

Demikian Kajian kita tentang Strategi dan Aplikasi Penerapan E-Business, semoga menambah pemahaman sahabat-sahabat semuanya yang sedang menjalankan bisnisnya maupun yang ingin merintis bisnis online di era digital seperti saat ini. 


Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

11 comments

  1. asalamualaikum wr.wb nama saya yossy ariyani npm 19210033
    menurut saya dari study kasus di atas saya stuju dari pemdapat desi dan saras tadi bisa menggunaka aplikasi shopee seperti itu apa lagi contohnya kalo lagi ada sele seperti 10.10 kemaren pihak shopee bekerja sama dengan exspesidi expedisi jadi gratis ongkir. dan misal tokonya bisa di jangkau bisa dateng langsung dan misal barang yang defi jual itu brandnya itu sudah di melekat di masyarakat. masyarakat itu puntpun masalah dengan ongkir yang di keluarkan

    ReplyDelete
  2. Nama : ervia narimaning tiyas
    Npm : 19210023
    Izin menanggapi study kasus
    Sebaiknya defi indri memasukkan produknya ke e-commerse seperti shopee, toko pedia, atau lazada, karna kebanyakan di e-commerse sudah banyak yang memberikan fasilitas program untuk mendapatkan program gratis ongkir dengan minimal belanja sesuai dengan tokonya itu sendiri dan itu sangat memudahkan customer untuk meringankan biaya pengiriman dengan adanya program gratis ongkir yang berikan oleh e-commerse tersebut

    ReplyDelete
  3. Nama : Rina Muliawati
    Npm : 19210020
    Izin menanggapi study kasus yg diatas saya setuju dengan pendapat Saras dan Desi. Selain itu juga defi bisa menjual di sosmed seperti FB,ig dengan batas cod didaerah tertentu yg bisa dijangkau dan tidak menggunakan biaya ongkir. Dan menambah pelanggan sekitar daerah si defi

    ReplyDelete
  4. Nama : Nur Istiqomah
    Npm : 19210003
    Izin menanggapi study kasus yang di atas
    sebaiknya defi memasukan produk daganganya di apalikasi shopee, tokopedia, lazada, Sekarang ini banyak sekali platform belanja online yang menawarkan promo ongkir hingga 0 rupiah. Kita dapat melakukan transaksi belanja ketika sedang ada promo tersebut agar tidak dibebankan ongkir pada barang kita. Promo ini biasanya diadakan tiap bulan dengan periode tertentu tergantung dari platform yang kita gunakan. Dengan begini kita tidak akan mendapatkan maslaah ongkir yang selangit lagi.dengan cara menggunakan kupon atau voucher ongkir yang kita dapatkan Kita sering mendapatkan beberapa voucher gratis potongan gratis ongkir dengan syarat dan ketentuan tertentu. Kita dapat memanfaatkan voucher atau kupon ini untuk memangkas biaya ongkir pada transaksi kita. Selain itu dengan menggunakan voucher kita juga bisa mendapatkan potongan atau diskon harga barang yang akan semakin memurahkan biaya transaksi kita.
    Menjadi Partner Bisnis E-Commerce Meminimalisir kurangnya pengiriman, Anda bisa melakukan kerjasama dengan beberapa e-commerce besar yang banyak melakukan pengiriman barang setiap harinya. Dengan begini, Anda tidak akan pernah kehabisan order pengiriman barang.
    Namun jika sudah melakukan kerjsama dengan E-Commerce, selalu jaga hubungan baik dengan partner bisnis Anda, dan selalu utamakan pelayanan yang terbaik dalam pengiriman barang.
    dan Menjalin kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan jasa ekspedisi untuk mudah bilang mengadakan gratis ongkir, seperti JNE, JNT, Id express, dll

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Nuraida Fitria
    Npm : 19210015
    Izin menanganggapi Stadi kaus mengenai e comers, menurut pendapat saya solusi tentang kasus di atas dapet di berikan solusi yaitu, jika kita merintis usaha dan mengambil keputusan untuk menjadi usaha e comers maka kita harus mengetahui tentang strategis apa yang harus di ambil agar usaha yang kita jalani tidak mengalami kerugian, baik segi materi ataupun yang lain nya,

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nadia Qoiriatul Hidayah
    Npm : 19210025

    Menanggapi studi kasus yang telah disebutkan, bahwa hal terbaik yang dapat dilakukan menurut saya yaitu dengan menjual barang pada aplikasi yang dapat menawarkan gratis ongkos kirim hingga 0 rupiah. Dengan begitu diharapkan pembeli tidak akan merasa terbebani.
    Bila ditakutkan pembeli akan berpaling pada penjual lain karna masalah pengiriman tersebut, penju dapat memberikan penawaran produk yang baik dengan harga terjangkau. Dapat pula melakukan strategi lain dengan menggabungkan dua barang, misalnya harga Baju 50k dengan hijab 15k menjadi "Dijual baju 65k gratis hijab". Dengan strategi yang sedikit diubah akan menarik kembali minat pembeli untuk memesan. Bahkan bila lama pengiriman memakan waktu hingga 1 minggu karna defi penjual pakaian maka tidak masalah karna pakaian tidak akan busuk atau kadaluwarsa.

    Trimakasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Lutfi Marfuah npm 19210024 izin memberikan tanggapan dan solusi
    Jika terdapat kendala masalah ongkos kirim, penjual harus pandai-pandai mencari e-commerce yang menawarkan ongkos kirim yang kecil bahkan gratis ongkos kirim dan kemudian menjalin kerjasama dengan membuat sebuah kontrak. Terkait lamanya proses pengiriman sehingga menimbulkan keterlambatan, penjual bisa melakukan strategi diantaranya diawali dengan permohonan maaf atas keterlambatan pengiriman yang ditujukan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Selain itu kita juga bisa segera mengupayakan nya dengan cara melakukan pelacakan pengiriman secara real time untuk mengontrol proses pengiriman. Ketika kita mengetahui dimana titik penundaan pengiriman, kita bisa melakukan suatu tindakan, misalnya dengan mengirimkan paket pengganti melalui mode yang lebih cepat sebelum konsumen mengetahui keterlambatan pengiriman barang tersebut. Cara lainnya kita juga bisa membentuk agen pengiriman sendiri untuk membantu proses pengiriman barang jualan kita.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum
    Nama : Siti Mutmainah
    Npm : 19210018

    izin menanggapi dari study kasus yang diatas bahwa defi indri sebagai seorang sarjana Pendidikan ekonomi juga mengembangkan sebuah bisnis toko pakaian dengan proses penjualan dengan media online ataupun secara langsung ditoko tersebut namun ada sedikit kendala dalam pengiriman yang tertuda terlalu lama sehingga konsumen terlalu lama menunggu dan membuat konsumen enggan kembali membeli produk di toko pakaian defi indri tersebut , lalu solusi yang saya berikan yaitu dengan mempromosikan lewat mediaa online seperti shope , toko pedia , lazada dan media online lainnya supaya lebih banyak orang yang tau mengenai brand baju , model baju dan sekaligus dengan harga yang miring membuat banyak konsumen tertarik dan ingin membeli barangnya .
    selain itu sebagai pembisnis harus sering membuat promosi gratis ongkir 0 rupiah setiap minggu dengan pembelian baju lebih dari dua dan harga miring itu bisa menarik konsumen untuk membeli pakaian tersebut , yang lebih penting harganya murah sebagai seorang pembisnis kualitas produk harus dijaga baik supaya konsumen kembali untuk membeli produk ditoko defi indri.
    selanjutnya seorang pembisnis atau para pelaku usaha yang memasarkan produk dan jasanya secara online. dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang membuat banyak pelaku usaha bergantung pada jasa pengiriman barang. di bisnis jasa kurir. Seperti JNT , JNE , SiCepat Express dan lain sebagainya.
    tidak hanya sekedar mengirim barang seorang pembisnis juga harus bekerja sama dengan layanan pengiriman dengan situs e-commerce yang merupakan salah satu strategi dalam mengembangkan volume penjualan. Apalagi selama ini toko online hanya digarap perusahaan kurir berskala besar dan ini juga bisa berpeluang agar meningkatkan distribusi dan keuntungan juga , dengan adaya kerjasama tersebut membuat pengiriman barang pesanan kepada konsumen lebih cepat tidak seminggu melainkan 3 hari sudah sampai hal itu membuat konsumen senang dan ingin kembali membeli produk tersebut .

    Terimakasih
    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum, saya husnul khotimah sedikit memberi tanggapan perihal masalah yang dihadapi oleh ibu Defi, e bussines menjadi solusi pengembangan, inovasi, dan cara pengusaha untuk dapat bertahan di sektor usahanya, melihat permasalahan diatas maka solusi paling mainstreem yang saya tawarkan adalah memiliki sendiri bidang pengiriman dalam artaian menyediakan jasa antar untu dalam daerah, dan untuk luar daerah dengan jasa ongkir konvensional lainnya contoh Tiki, JNe, atau lainnya, denagn biaya pengiriman diserahkan kepada pembeli, kemudian dengan memasarkan dengan Shopee misala biasanya telah terconec dengan jasa pengiriman, kargo atau JNT dll, namun menyediakan potongan baik yang diberikan oleh jasa pengirimannya atau dari kita sendiri, kemudian yang terakkir mengadakan kerja sama dengan jasa pengiriman tertentu. sekian terimakasih

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum saya ajeng wijayanti berdasarkan study kasusu di atas saya berpendapat. Alangkah baiknya ibu defi mengelompokkan penjualan berdasarkan banyaknya produk yg dibeli. Kemudian ibu defi juga harus memanfaatkan e-comers sebaik mungkin dengan menggunkan aplikasi seperti shoppe dsb tentunya membantu para pelanggan untuk membeli produk kita secara online dan tentunya dengan biaya ongkir yang terjangkau bahkan adakalanya gratis ongkir, hal ini diperuntukkan untuk pelanggan yang membeli hanya beberapa produk saja atau berat kurang lebih dari 1kg sehingga dapat menggunakan ekspedisi tercepat dg harga murah. Akan tetapi jika ada pelanggan yang membeli produk dengan jumlah banyak sebaiknya diarahkan menggunakan kargo. Karena walapun sedikit lama tapi harga yang ditawarkan cukup murah

    ReplyDelete
  11. Nama : Saras Wati
    Npm : 19210004

    Menurut saya terhadap kasus di atas sebaiknya ibu defi membuat akun penjualan seperti di shopee, lazada,tokopedia, dll dan menerapkan gratis ongkir sehingga calon konsumen yang didaerah yang sedikit jauh dari toko offline bu defi bisa ikut membeli tanpa menghawatirkan ongkir yang mahal karena iju defi bisa menerapkan gratis ongkir di akun onlinenya itu sangat memudahkan konsumen untuk membeli produk" yang dijual ibu devi.
    Dan untuk pengiriman ke lokasi konsumen yang sangat jauh ibu defi bisa memberikan pilihan ekspedisi pengiriman untuk konsumen bisa memilih ekspedisi jnt, Si Cepat, Jne, dan lion.

    ReplyDelete

Post a Comment