Analisis Pasar Dan Lingkungannya

12 comments


DESBUD.ID - Alhamdulillah. Seorang pebisnis harus mampu menganalisis dan memahami pasar secara detail agar mampu menguasai pasar. Menjadi pemimpin pasar dianggap lebih menguntungkan dibandingkan menjadi pengikut pasar. 

Kondisi dan situasi pasar dengan berbagai stabilitas dan instabilitasnya mampu memberikan pengaruh pada kontinuitas dan profit usaha. Jika situasi dan kondisi tersebut masih berada dalam posisi kendali manajemen maka itu masih dianggap aman, namun jika sudah berada di luar kendali maka perusahaan akan mengalami permasalahan, baik secara finansial maupun non finansial.

Pasar memang perlu dianalisis, dan dengan kematangan analisis pasar maka strategi bisnis bisa dibangun dengan baik. Kondisi ini tentu mendorong ke arah terbentuknya kekuatan keputusan (decision power) yang bernilai strategis yang otomatis memperkuat daya saing perusahaan di pasar.

Pebisnis umumnya dengan segala kreativitas dan pasar adalah sarana untuk menguji kualitas kemeilikan kreativitas tersebut. Seorang manajer dari perusahaan besar yang berpengalaman dan telah teruji tentunya akan bisa melihat ini secara lebih cepat, dia akan mendorong kreativitas tersebut teraplikasi dalam bentuk produk-produk serta akhirnya memiliki pengaruh pada peningkatan penjualan dan profit perusahaan. Disinilah letak ilmu manajemen strategi tersebut.

Untuk lebih memahami materi pada kajian kali ini, Saya sajikan sebuah kasus yang perlu sahabat-sahabat berikan solusinya sebagai seorang pebisnis yang sedang mempelajari dan menganalisis sebuah kasus.

PT. Mesva merupakan sebuah perusahaan air mineral yang berada di UM Metro. Dimana aktivitas perusahaan tersebut telah berlangsung selama 17 bulan. Keberadaan dan segala aktivitas perusahaan telah mulai menunjukkan bahwa perusahaan telah siap untuk menghasilkan produk air mineral kemasan yang siap untuk dipasarkan ke berbagai negara yang menjadi pasar sasaran.

PT. Mesva dalam rangking perusahaan air mineral dianggap memiliki reputasi yang baik, baik dari segi kualitas manajemen hingga kualitas hasil produksi yang dihasilkan. Kondisi ini telah menyebabkan saham perusahaan telah dianggap memiliki nilai profitable untuk dibeli oleh publik.

Dalam proses perjalanan perusahaan selama ini ternyata ada beberapa kerugian yang diderita oleh pihak lain yang telah menyebabkan kerugian baik finansial dan non finansial. Adapun bentuk kerugian yang diderita oleh pihak lain tersebut adalah:

  1. Dimana masyarakat Kota Metro yang bermukim di sekitar tempat PT. Mesva mengalami berbagai bentuk kerugian yang mencakup pada pencemaran limbah hasil buangan pabrik yang selama ini telah turut mengairi perairan persawahan. 
  2. Keberadaan PT. Mesva tidak begitu membantu penduduk dalam memberikan lapangan pekerjaan. Hanya sebagian penduduk yang dipakai untuk bekerja di PT. Mesva, dan itupun sebagai satpam, cleaning service, dan sopir. Adapun para teknisi dan manajer adalah selalu berasal dari luar masyarakat atau bahkan bukan warga Metro. Alasan perusahaan adalah mereka dianggap tidak memiliki skill dan keahlian yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
  3. Industri-industri yang berada di sekitar tempat PT. Mesva adalah industri yang dianggap selama ini tidak memiliki kualitas untuk produknya dipakai oleh perusahaan. Dengan alasan kualitas yang rendah dan tidak memiliki standard keamanan internasional, maka PT. Mesva tidak memakai produk mereka. Dan ini telah menimbulkan rasa kebencian oleh para pengusaha lokal terhadap tidak terpakainya produk industri mereka pada peralatan kantor.
  4. Masyarakat Metroyang berada di sekitar PT. Mesva telah lama memendam rasa emosional yang tinggi pada keberadaan perusahaan tersebut. Dan sebagian masyarakat Metro menganggap bahwa mereka tidak diberi kesempatan untuk berkembang dan berhak untuk bekerja disana. Kondisi ini memungkinkan dimanfaatkan oleh kelompok sparatis untuk memberontak dan melawan keberadaan PT. Mesva.

Berdasarkan permasalahan tersebut, berikanlah solusi pemecahan dan rekomendasi terhadap apa yang harus dilakukan oleh manajer perusahaan PT. Mesva. Berikanlah pendapat dan penjelasan Anda jika Anda adalah seorang pebisnis yang sedang mempelajari dan menganalisis sebuah kasus.

Silahkan masuk room menggunakan LINK VICON.

Pada akhir perkuliahan, silahkan mengisi daftar hadir dan form penilaian melalui LINK DAFTAR HADIR.


Sahabat mahasiswa dapat memberikan solusi pemecahan dan rekomendasinya melalui kolom komentar pada postingan ini. Pada saat memberikan solusi pemecahan masalah diatas, posisikan diri sebagai seorang pebisnis.

Demikian studi kasus kita pada kajian ini, semoga menambah pemahaman sahabat-sahabat semuanya yang sedang menjalankan bisnisnya maupun yang ingin merintis bisnis baru. 


Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

12 comments

  1. Assalamualaikum saya,
    Nama : Ni Sayu Made Indah
    Npm : 19210006
    Dari study kasus yang diberikan, solusi yang saya bisa kebikan kepada PT. Mesva adalah yang pertama :

    1. Untuk menanggulangi permasalahan yang pertama yaitu kerugian masyarakat atas limbah dari dari PT mesva yang turut turun ke sawah dll, untuk kasus yang pertama yang bisa saya berikan yaitu agar PT mesva tidak merugikan masyarakat dengan limbah yang dihasilkan oleh PT mesva. PT mesva bisa membuat suatu invovasi dalam mengatasi limbah yang dihasilkannya misal bisa saja PT.mesva berinovasi untuk mengelola limbah tersebut menjadi berbagai hal yang dapat di manfaatkan, contohnya limbah pabrik bisa diolah menjadi pupuk dll yang bisa atau cocok dibuat dari limbah yang dihasilkan.

    2. Kemudian PT.mesva juga dianggap tidak membantu lapangan pekerjaan masyarakat sekitar, solusi yang bisa saya berikan untuk mengatasi hal tersebut PT.mesva bisa membuka suatu kursus atau trening bagi masyarakat kota metro yang ingin atau mempunyai keinginan untuk bekerja di PT. mesva tersebut, namun agar tidak mengalami kerugian bisa ditariki dana seminim mungkin untuk menciptakan masyarakat yang berpotensi dalam pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang ada di PT. Mesva sshingga masyarakat metro bisa memiliki skil dan kemampuan yang dibutuhkan oleh PT.mesva dan dapat sekaligus membantu perekonomian ataupun dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga metro.

    3. Untuk permasalahan yang ketiga, tentang rasa benci yang timbul dari industri-industri kecil yang ada di kota metro karna tidak dipakainya produk mereka, solusi yang bisa saya berikan PT. Mesva bisa mengajak bekerja sama dengan industri-industri yang ada di kota metro misal bisa bekerja sama untuk salaing memasarkan produk satu sama lain melalui berbagai media yang ada yang digunakan untuk pemasaran, walaupun pt.mesva tidak membeli produk dari industri kecil jika pt.mesva bisa bekerja sama dengan tujuan menjalin hubungan yang baik dan mendapat keuntungan dengan bekerja sama, saya rasa kebencian dengan niat baik yang dimiliki bisa teratasi. Karna saya yakin sebuay PT memiliki strategi pemasaran dan penguasaan pasar yang lebih baik dari industri kecil yang dapat sangat membantu industri kecil.

    4. Untuk menanggapi permasalahan yang keempat. Atas ancaman jika tidak dipekerjakan, saya ras dengan solusi yang kedua yaitu dengan membuat pelatihan bagi masyarakat yang ingin bekerja disana sehingga tercipta masyarakat yang cocok dan memiliki skil yang baik, maka PT.mesva akan mampu memberi lapngan pekerjaan untuk para masyarakat yang ada disekitar metro dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi bagi masyarakat metro, kemudian dan dengan kerja sa dari solusi yang ketiga saya rasa cara itu yaitu dengan mengadakan kerjasama dengan industri-industri kecil dapat sangat membantu dan menguntungkan. Sehingga ancaman dari masyarakat saya rasa akan rebih reda dan tidak terlalu memanas lagi dengan jalan keluar yang sudah mulai tercerahkan atau terselesaikan.

    Demikian solusi yang bisa saya berikan menanggapi dari masalah yang dialami oleh PT.mesva. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama :Nadia Qoiriatul Hidayah
    Npm :19210025

    Pada masalah yang dijelaskan diatas solusi yang baik menurut saya yaitu,
    1. Pada pencemaran lingkungan, PT Mesva diharapkan membuat kanal pembuangan limbah yg aman serta membuat penyaring dan daur ulang limbah agar lingkungan masyarakat tetap terjaga. Nah, peran pebisnis dinisi yaitu membuat hasil dari daur ulang limbah pabrik menjadi lebih bernilai. Seperti mengolah limbah plastik dan botol minum bekas menjadi produk bernilai.
    2. Mengadakan pelatihan kepada warga metro dalam meningkatkan kualitas dan kecakapan dalam mengerjakan tugas agar PT Mesva tidak melulu mengambil tenaga kerja dari luar.
    3. Mengadakan penyuluhan dan pembandingan industri yg berada di sekitar PT Mevta yg produknya dianggap kurang layak digunakan dengan industri lain yg produknya lebih baik. Peran pebisnis disini yaitu mengarahkan pengelola industri untuk neng-update produknya menjadi lebih baik dengan mengikuti perkembangan zaman agar perusahaan lain juga tertarik.
    4. Bila solusi 1,2 dan 3 diterapkan dengan baik maka masalah ketidakpercayaan masyarakat sekitar menjadi berkurang. Karna masalah nomor 4 adalah hasil dari kesalahan sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Rina Muliawati
    Npm : 19210020
    Izin menanggapi study kasus dan mengasih solusi
    1. Seharusnya PT.Mesva sebelum membangun pt itu mereka memikirkan tempat pembuangan limbah pabriknya dan tidak merugikan warga setempat yang tinggal di permukiman dekat Pt.mesva agar warga permukiman tidak mengalami kerugian.
    2. PT. Mesva harusnya memberi pelatihan latihan kepada warga setempat agar mereka bisa memenuhi skill yang diperlukan untuk PT. Mesva masyarakat sekitar dapat bekerja di situ dan dapat pelatihan training dahulu agar mereka mendapat lapangan pekerjaan di PT mesva itu.
    3. Sebaiknya PT mesfa itu memberikan pembelajaran skill pada industri-industri itu agar menjadi industri yang internasional dan memenuhi perusahaan yang mereka inginkan dan mereka bekerja sama agar saling menguntungkan dan tidak saling membenci karena mereka berada di tempat yang sama di permukiman itu.
    4. PT Mesva itu memperbaiki hubungan pada masyarakat sekitar agar mereka tetap diijinkan dan tidak ada pemberontakan di sekitar dengan seperti mereka diberikan 8 pekerjaan di PT meiwa itu dengan pelatihan dan training untuk bekerja di situ dan mereka juga harus saling menguntungkan satu sama lain dan PT mitsuba harus memperbaiki pembuangan limbah di tempat sekitar itu agar tidak menjadi keributan dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum wr.wb
    Nama : Desi Rahmawati
    Npm : 19210001
    izin menjawab pak

    1. PT Mesva bisa mengatasi pencemaran akibat limbah dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, untuk mengatasi limbah yang mencemari air yang berdampak buruk di area persawahan, PT Mesva harus bisa memberikan solusi agar hal tersebut tidak terus berlanjut, yang nantinya bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan. Contohnya dengan mengolah kembali air limbah Pengolahan primer dengan proses penyaringan, pengolahan awal, pengendapan dan penguapan.

    2. PT Mesva yang notabennya adalah termasuk perusahaan besar, memang dijadikan tumpuan atau peluang kerja yang sangat potensial bagi masyarakat sekitar perusahaan. Memang sudah seharusnya karyawan yang dipekerjakan adalah warga setempat disekitar pabrik. Perusahaan bisa melakukan perekrutan karyawan dan mengadakan trening. Seperti pelatihan penggunaan mesin otomatis, dan pelatihan lainnya. Dengan demikian, skill dan kemampuan karyawan bisa terbentuk.

    3. Solusi untuk permasalahan ke 3, PT Mesva bisa membantu industri lokal sekitar perusahaan dengan memberdayakan industri lokal agar lebih maju lagi dalam membuat usaha, harusnya PT Mesva bisa merangkul industri lokal untuk maju dan berkembang. Bisa dengan membantu memberikan pelatihan industri, serta menawarkan kerja sama, agar industri lokal tidak merasa tersaingi dan terbebankan dengan adanya PT. Mesva.

    4. Untuk permasalahan ke-4, menurut saya tidak akan terjadi jika PT. Mesva memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar perusahaan. seperti yang sudah dijelaskan di poin 1,2, dan 3

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    Nama : Madina Cahya Mukti
    Npm :19210014
    Semester : 5
    Baik disini saya akan menanggapi terhadap kasus yang diberikan. Dari kasus diatas terdapat 4 masalah yang butuh solusi.
    1. Untuk masalah pada poin ke-1 mungkin bisa PT. Mesva mengadakan sebuah inovasi terhadap limbahnya, atau bisa membuat tempat pembuangan yang baik, disamping itu kembali lagi sebaiknya sebuah pebisnis ketika mendirikan perusahaan harus mengadakan riset. Dimana riset tersebut nantinya akan memudahkan ada memberikan pemecahan masalah, sehingga dapat meminimalisir timbulnya masalah dimasa mendatang. Misalnya saja perusahaan membangun jauh dari pemukiman warga dan membuat tempat pembuangan sejak pertama perusahaan didirikan. Sehingga tidak akan timbul kesenjangan antara warga dan perusahaan terkait.
    2. Mengatasi masalah poin ke-2 yaitu mngkin bisa jika diadakan sebuah pelatihan untuk mengembangkan masyarakat sekitar. Hanya saja PT. Mesva adalah PT nasional dan disebutkan sudah memiliki sasaran pasar untuk berbagai negara. Sehingga kemungkinan jika tenaga kerja diambil dari masyarakat tidak akan efektif. Sedangkan visi misi PT dan pencapaian PT sudah internasional. Sehingga mungkin dalam pengambilan tenaga kerja itu lebih selektif. Pada perusahaan air mineral itu sangatlah menjaga sterilisasi dari produk jadi di perusahaan tersebut sudah jarang atau sedikit tenaga kerjanya karna sudah menggunakan mesin. Untuk mengatasi hal ini mungkin PT bisa menggunakan tenaga kerja dari warga tetapi akan lebih selektif untuk pekerjaan yang menuntut mereka sensitif.
    3. Mengatasi masalah poin ke-3. Memang betul sebaiknya sebuah PT melakukan riset terlebih dahulu. Jika PT. Mesva merasa industri sekitar kurang baik sebaiknya PT melakukan riset terlebih dahulu. Karena sebuah perusahaan besar tidak mungkin mengambil langkah yang akan membuat produk nya menjadi buuruk. Jika itu benar seyogyanya industri sekitar harus menginovasi produk nya supaya dapat dipakai oleh PT internasional. Adanya penilaian seperti ini seharusnya menjadikan sebuah tolak ukur para industri untuk menjadi lebih baik.
    4. Sebaiknya PT tetap mengambil tenaga kerja dri masyarakat, namun di perketat (jika memang ingin tenaga kerjanya berkualitas) sehingga akan mengurangi definisi2 yang kurang baik dari masyarakat.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Saya Lutfi Marfuah dengan npm 19210024 izin memberikan tanggapan dan solusi.
    Sebagai seorang pebisnis seharusnya melakukan langkah awal sebelum melakukan kegiatan bisnis salah satunya adalah analisis keadaan pasar. Namun tidak hanya keadaan pasar yang kita analisa, keadaan lokasi yang akan menjadi tempat kita untuk melakukan produksi juga perlu dianalisa. Dari analisa yang sudah kita tentukan kita akan tau, hal apa saja yang perlu dilakukan agar tidak berakibat negatif atau timbul masalah dari awal kita berbisnis sampai dengan yang akan datang.
    Seperti yang ada dalam ke 4 permasalahan yang ada di PT Mesva. Keberadaan limbah akibat suatu produksi juga merupakan hal yang perlu dipikirkan di awal agar tidak timbul permasalahan. Mungkin hal yang bisa dilakukan adalah melakukan inovasi pengelolaan limbah agar dapat menambah nilai guna dari limbah tersebut. Karena sebagai seorang pebisnis akan melakukan kegiatan yang menguntungkan usahanya. Analisa SDM juga perlu dilakukan. Dalam membuka lapangan pekerjaan, seorang pebisnis perlu memberdayakan gunakan masyarakat sekitar tempat usaha atau produksi bisnis. Pebisnis juga perlu mengadakan sosialisasi terkait bisnis yang kita jalankan. Sosialisasi itu ditujukan untuk masyarakat sekitar dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan usaha kita. Setelah masyarakat mengetahui seluk beluk bisnis kita, kita bisa mengadakan sebuah pelatihan dan rekrutmen karyawan guna mendayagunakan masyarakat sekitar agar lebih kreatif dan produktif. Kita juga perlu mengadakan suatu bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan para pebisnis atau usaha yang ada dilingkungan sekitar bisnis kita. Misalnya dengan mengadakan suatu kegiatan bazar umum untuk mempromosikan produk-produk kita dan yang ada di sekitar kita. Kegiatan-kegiatan yang dapat kita usahakan tersebut tentunya akan membutuhkan peran serta masyarakat sehingga masyarakat nyaman dan menerima keberadaan kita.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    Nama : Nur Istiqomah
    Npm :19210003
    Semester : 5
    1. cara mengatasi kasus yang pertama, dengan cara PT Mesva, membuat tempat limbah yang jauh dari permukiman masyarakat, agara air limbah tidak mengaliri perairan yang ada di persawaan, atau dengan cara Pengolahan limbah cair supaya aman untuk dibuang ke lingkungan menjadi bagian terpenting untuk kelanjutan kehidupan makhluk disekitarnya. Oleh sebab itu dibutuhkan instalasi yang dilakukan untuk melakukan pengolahan limbah cair dengan cara penetralan. Plant proses penetralan pH yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Water Waste Treatment Process . Proses penetralan pH merupakan bagian dari pengolahan limbah buangan dair industri Air Minum Dalam Kemasan. Warna limbah cair di effluent tidak berwarna, dan bau limbah cair di effluent tidak berbau. Berdarkan hasil pengukuran tersebut perusahaan sudah menerapkan proses penetralan limbah cair dengan baik dan limbah yang dibuang ke lingkungan sudah aman berdasarkan nilai pH, suhu, dan kekeruhan.

    2. Menurut saya PT Mesva, mengadakan pelatihan untuk masyarakat kota Metro agar memiliki skill dan keahlian yang di perlukan, di PT Mesva tersebut, masayarakat bisa medapatkan lapangan perkerjaan yang dibutuhkan oleh PT Mesva

    3. menurut saya, PT Mesva tidak boleh merendahkan produk lokal, harus nya Pt Mesva mengajak kerja sama dengan cara PT Mesva mengajak kerja sma dengan pengusaha lokal yang ada di sana. Pengushan mengadakan supaya produk yang dia miliki mempunyai kualiatas yang baik dan memeiliki keamanan Internasional yang di mau Pt Mesva.

    4. Menurut saya permasalahan no 4 terjadi akibat PT Mesva memiliki hubungan tidak baik dari masyarakat dan pengusaha lokal yang ada di sekitar PT Mesva.
    Dengan cara Pt Mesva melatih masyarakat Kota metro uantuk menjadi karyawan dan memakai produk lokal yang ada di seklitar nya PT Mesva juga harus membuat tempat uantuk membuang air limbah agar perairan sekitar Kota Metro tidak tercemar, atau penetralan PH.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Khulli Yatur Rofingah
    NPM : 19210029

    1. Suatu syarat wajib dari Pemerintah Indonesia yang harus dimiliki oleh setiap pelaku industri adalah memiliki suatu rencana pengolahan limbah. Setiap keuntungan yang didapatkan dari proses industri haruslah dibarengi dengan pengolahan limbah supaya tidak merugikan bagi lingkungan maupun bagi makhluk hidup yang lainnya. Oleh karna itu hendaknya PT mesva dapat menangani pencemaran limbah hasil buangan pabrik tersebut dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan Flotasi, flotasi merupakan proses penanganan limbah dengan cara  membuang dan memisahkan partikel yang mengapung diatas permukaan air agar ketika dibuang tidak mencemari perairan persawahan.

    2. Tujuan mempekerjakan lingkungan sekitar adalah agar warga sekitar dapat mensejahterakan keluarganya di daerah tersebut juga untuk menekan angka pengangguran yang ada. Karna itu PT mesva dapat merekrut sebagian besar pekerja di daerah tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan cara memberdayakan masyarakat melalui pelatihan dan pengalaman kerja dengan cara memberikan mentor sementara kepada pekerja lokal, dengan ini dirasa dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam hal menyelesaikan pekerjaan secara baik dan karyawan bisa dengan leluasa melakukan diskusi terkait penyelesaian kerja atau beberapa hal yang mereka ingin ketahui.

    3. Alasan PT mesva tidak memakai produk sekitar adalah karena rendahnya kualitas yang dimiliki produk sekitar dan tidak memiliki standar keamanan. Tentu PT mesva tidak mau mengambil resiko jika alat yang digunakan sembarangan, karena itu akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, PT mesva dapat memberikan sebuah arahan untuk pengusaha lokal agar produknya layak dipakai baik untuk perusahaannya maupun perusahaan lain. Dengan cara memberikan sosialisasi yang menghadirkan pengusaha pengusaha sukses dan menginspiratif, agar pengusaha lokal tergerak untuk membenahi produknya menjadi lebih baik.

    4. masyarakat Metro menganggap bahwa mereka tidak diberi kesempatan untuk berkembang dan berhak bekerja di PT mesva yang menyebabkan kelompok sparatis untuk memberontak dan melawan keberadaan PT. Mesva. hal yang dapat dilakukan PT mesva untuk mengatasi hal tersebut adalah hampir sama dengan kasus nomor 2, namun bedanya dalam hal ini mungkin PT mesva harus dapat menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar, disinilah dibutuhkan adanya peran seorang Public Relations (PR) untuk merangkai strategi guna menjaga hubungan yang baik dengan pihak internal maupun eksternal. PR memiliki tanggungjawab seperti, menciptakan hubungan dengan kelompok dalam masyarakat dengan mempelajari pandangan mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memberikan informasi (edukasi). Juga harus mampu mendorong karyawan untuk ikut mengambil bagian dalam kegiatan kemasyarakatan/kemanusiaan, dan harus mampu menanggapi keluhan masyarakat serta memperbaiki akibat-akibat yang menimbulkan adanya keluhan tersebut.Yang paling penting, seorang PR harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaan tempatnya bekerja selalu memperhatikan, menyesuaikan dan melakukan usaha-usaha untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum
    Nama : Siti Mutmainah
    Npm : 19210018
    Izin menanggapi studi kasus yang tertera diatas
    menurut saya dengan berdirinya PT. Mesva dalam bentuk perusahaan air mineral dianggap memiliki reputasi serta produksi dengan baik selain itu dari segi kualitas manajemen pemasaran yang sangat pesat membuat PT.Mesva berkembang pesat .
    hal ini berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat dan lingkungan sekitar kota Metro yang mendapatkan dampak buruk dari limbah hasil produksi PT.Mesva berikut ini solusi yang saya akan berikan :
    1. seharusnya sebagai manager perusahaan PT.Mesva sebelum mendirikan berpikir terlebih dahulu mencari tempat yang luas atau jauh dari pemukiman masyarakat sekitar kota Metro sehingga tidak memberikan dampak yang buruk dan kerugian seperti limbah yang dibuang kesungai , persawahan itu membuat pencemaran lingkungan . sehingga air yang biasa mengaliri untuk masyarakat tertutup dengan limbah yang berbau busuk hal itu juga mengganggu kegiatan masyarakat setiap harinya .
    oleh karena itu PT.Mesva harus memiliki inovasi ataupun kreatif supaya limbah yang terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan diubah menjadi pupuk yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar kota Metro Pengolahan limbah cair adalah menjaga air yang keluar tetap bersih dengan menghilangkan polusi yang ada dalam air limbah tersebut, atau dengan menguraikan yang ada didalam air limbah sehingga hilang sifat-sifat dari polutan tersebut.

    2. Dengan berdirinya PT.Mesva yang berkembang sangat pesat dikota metro seharusnya bisa membuat perekonomian masyarakat lebih terbantu seperti mengurangi angka pengangguran yang ada dikota Metro dan membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran diindonesia yang setiap tahunnya bertambah cukup banyak dengan memperkerjakan masyarakat sekitar kota Metro sebagai satpam, cleaning service, sopir dan lainnya sebagainya itu sangat membantu masyarakat sekitar untuk mendapat pekerjaan . namun PT. Mesva lebih memilih masyarakat dari luar kota ketimbang dengan masyarakat sekitar dengan alasan tidak punyai potensi , hal itu sangatlah salah dikarena apabila masyarakat sekitar kota Metro tidak mempunyai potensi seharusnya diberikan pendidikan , pelatihan yang mumpuni agar menumbuhkan skill bagi masyarakat untuk bekerja dengan baik dan mengasilkan produk yang berkualitas bagi konsumen diluaran sana .

    3. Sebaiknya PT. Mesva tidak memberikan alasan yang merendahkan mengenai kualitas dari industri-industri sekitarnya sehingga tidak memnimbulkan kebencian karena tidak mau bekerja sama dengan produk yang diproduksi oleh industri-industri , dengan mencari solusinya sebagai manager perusahaan PT. Mesva terlebih dahulu melihat cara memproduksi setelah itu baru menilainya baik atau buruk apabila ingin bekerja sama .
    sebenernya ada point pentingnya dengan bekerja sama dengan industri sekitar dengan saling membantu mengembangkan produk lokal yang sebelumnya terbengkalai sehingga bisa kembali memproduksinya dan memajukan PT.Mesva itu sendiri .

    4. selanjutnya solusi yang saya akan berikan agar tidak ada kebencian dari masyarakat sekitar Metro dengan PT. Mesva dengan membuka lapangan pekerjaan untuk pengangguran yang berpotensi memiliki inovasi, kreatif , skill yang mumpuni dalam memproduksi air mineral yang lebih berkualitas baik untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sekitar ataupun untuk seluruh masyarakat Indonsia. apabila dari pihak dari PT. Mesva tidak mau memperkerjakan karena banyak masyarakat dari luar kota lebih efektif dalam bekerja , dari pada masyarakat sekitar kota Metro itu sangatlah berpikiran salah besar seharusnya PT. Mesva itu memberikan pelatihan , pendidikan yang terbaik agar memunculkan inovasi , skill yang bagus dalam memproduksi air mineral sekaligus mengembangkan PT.Melva menjadi perusahaan yang terbaik.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum, saya Husnul KHotimah akan mencoba memaparkan pendapat saya perihal kasus diatas.
    1. Solusi pertama: adanya kolaborasi antara bidang Humas dan Produksi terkait pengelolaan limbah dan penyelesaiaan terkait keluhan masyarakat sekitar. limbah cair dapat dilah dengan megubah unsur kimianya sehingga terbebas dari polutan, atau secara fisika tentang material yang terkandung, atau bahakn secara mikroba untuk menguraikan zat-zat pencemar didalam limbah cair, yang tentunya cara-cara itu perlu melewati berbagai tahap, yang kemudian sebelum limbah di buang harus diuji sampel terlebih dahulu untuk melihat nilai mutu limbah apakah sudag sesuai standar pemerintah. kemudian lebih menekanakn lagi tentang SOP pengolahan limbah, pekerja yang mengatur juga perlu diperhatikan.
    2. solusi kedua, tentunya setiap perusahaan yang dibangun diharapkan untuk dpaat menyerap SDM di sekitarnya, jika memang skil kurang tepat maka perusahaan dapat bekerja sama dengan BLK sekitar dengan harapkan dapat meningkatakan skil masyarakat disekitar perusahaan, adakan program karyawan magang, kemudian adakan kegiatan sasialisai karir sesuai kebutuhan dan standara calon pekerja.
    3. solusi selanjutnya, adakan kunjungan dan rapat koordinasi denagn pengusaha sekitar tentang standar barang/kebutuhan yang diperlukan, agar mereka yang beminat dapat meningkatkan mutu dan dapat bekerja
    4, terakhir, solusinya adalah adakan pekan kebersamaan denagn warga sekitar
    serap tenaga kerja sekitar dengan tetap ada kelas pendidikan agar mampu menyesuaikan kebuuhan dan pola kerja perusahaan.

    Sekian terimakasih :)

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum nama saya ajeng wijayanti npm 19210010
    Berdasakan study kasusu di atas saya akan memberikan beberapa solusi kepada PT mesva
    1. Kasusu diatas menjelaskan akan hal pencemaran lingkungan terhadap limbah yg dihasilkan PT Mesva. Oleh karena itu saya memberikan solusi kepada menejer PT mesva agar secara berkala melakukan pertemuan dengan masyarakat sekitar dan memberikan ucapan maaf atas ketidak nyamanan nya serta memberikan sedikit uang kepada masyarakat yang merasa dirugikan sebagai tanga ganti rugi. Selain itu juga PT Mesva mulai sekarang harus berusaha untuk meningkatkan inovasinya terhadap pengelolaan limbah agar limbah yg dihasilkan tidak lagi sebagai pencemaran lingkungan akan tetapi sesuatu yang bernilai. Serta jika PT mesva sudah berkembang lebih pesat dalam hal produksi maupun pemasaran alangkah baiknya PT MESVA merencanakan pembangunan pabrik baru di daerah yang jauh dari pemukiman masyarakat .

    2. Solusi yang saya berikan dari kasus yang ke 2 yakni tentang keberadaan PT MESVA yang tidak memberikan banyak peluang pekerjan kepada masyarakat sekitar tentunya karena hal teksnis. Berdasarkan hal tersebut saya akan memberikan sedikit saran agar PT Mesva lebih memerhatikan lingkungan sekitar dengan merekrut masyarakat sekitar dan memberikan pelatihan khusus terhadap calon karyawan serta membuka karyawan magang. Selain itu juga PT mesva bisa juga membuka peluang reseler atau agen yang memasarkan air mineral ke berbagai penjuru seperti sales yakult, tentunya hal tersebut membuat gembira masyarakan sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

    3. Berdasarkan kasusu ke3 alangkah baiknya PT mesva melakukan kerjasama dengan industri2 terdekat tetlebih dahulu dengan menandatangani surat perjanjian yang tentunya tidak membuat rugi PT mesva. Dengan melakukan kerja sama tentunya PT mesva dapat menilai kualitasnya secara nyata sehingga dapat memberikan keputusan untuk lanjut kerja sama atau tdk. Dengan hal begitu tentunya tidak akan membuat kecemburuan atau kebencian dari industri lain. Tetapi malah membuat industri tersebut sadar akan kekurangannya sehingga akan berusaha memperbaikinya.

    4. Berdasarkan kasusu ke4 alangkah baiknya pt mesva kerap mengadakan pertemuan pelatihan dengan masyarakat sekitar, kemudian merekrut masyarakat yang sekiranya benar2 kompeten. Dengan melkukan hal tersebut maka masyarakat akan beranggapan bahwa PT MESVA memberikan peluang pekerjaan yg besar bagi mereka akan tetapi mereka harus berjuang dalam pembelajaran. Hal ini tentunya dapat dijadikan tameng jika sewaktu2 ada oknum yang berusaha memberontak

    ReplyDelete
  12. Nama : Saras Wati
    Npm : 19210004

    1. Menurut saya PT. Mesva seharusnya bisa membuat inovasi seperti bisa membuat pupuk dari limbah yang tersisa dan juga bisa membuat tempat pembuangan sampah yang jauh dari permukiman masyarakat sehingga masyarakat tidak terganggu dengan limbah tersebut.

    2. Kemudian kasus yang ke dua PT Mesva dianggap tidak membantu lapangan pekerjaan masyarakat sekitar, solusi menurut saya PT Mesva bisa memberikan dan menawarkan kursus atau traning bagi masyarakat yang benar-benar ingin ikut bergabung di PT Mesva setelah mengikuti traning dan cocok dan layak untuk bergabung Maka masyarakat tersebut akan di rekrut menjadi karyawannya. Namun jika ada beberapa yang tidak memiliki skill bisa di jadikan dan dipekerjakan menjadi satpam, atau yang lainnya sehingga bisa lebih banyak memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

    3. Solusi yang ke tiga PT Mesva bisa mengajak bekerja sama dengan industri industri yang masih kecil yang ada di kota metro dengan cara bisa membantu memasarkan produk dan memberikan tempat untuk saling bekerja sama maka rasa kebencian tersebut akan menghilang dan akan menguntungkan kedua belah pihak.

    4.untuk solusi yang keempat saya rasa solusi diatas sudah bisa mencangkup untuk permasalahan di kasus empat ini.

    ReplyDelete

Post a Comment