Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan

Post a Comment


DESBUD.ID - Alhamdulillah. Studi pembangunan pada seluruh negara di Dunia Ketiga banyak isu-isu yang berkaitan seperti kemiskinan, ketidakmerataan, pengangguran, dan stagnasi pedesaan. Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu bidang studi ilmu ekonomi yang mempelajari atau menganalisa proses/masalah-masalah pembangunan ekonomi. Oleh karena itu studi ilmu ekonomi menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa dalam memahami pembangunan ekonomi. Berikut ini beberapa kajian tentang studi ilmu ekonomi pembanguan yang perlu sahabat mahasiswa ketahui.

Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan

Sebenarnya apa makna dari ilmu ekonomi pembangunan yang semakin berkembang terutama di berbagai negara berkembang. Menurut Bruce Herrick/Charles P. Kindleberger pada bukunya Sanusi, B. 2004 bahwa pembangunan ekonomi itu mempelajari sebab-sebab serta cara-cara penanggulangan kemiskinan massa. Diungkapkan bahwa di berbagai negara industri yang makmur, kemiskinan relatif sedikit. Menurut M.L. Jhingan bahwa ilmu ekonomi pembangunan mengacu kepada berbagai masalah perkembangan ekonomi di negara-negara terbelakang. Adapun menurut Michael P. Todaro studi ekonomi pembangunan merupakan suatu cabang yang paling baru, dan paling menggairahkan serta menantang dari disiplin ilmu yang lebih luas yakni ilmu ekonomi dan politik ekonomi. 

Walapun ada pandangan yang menyatakan bahwa ilmu ekonomi pembangunan bukan cabang ilmu ekonomi yang sebenarnya seperti ekonomi makro dan ekonomi mikro atau keuangan negara maupun ekonomi moneter. Mereka menyatakan bahwa ilmu ekonomi pembangunan hanya merupakan campuran dari cabang-cabang ilmu tersebut dengan memusatkan perhatian secara khusus pada perekonomian di Afrika, Asia, dan Amerika Latin secara individual. Menurut Todaro pandangan ini tidak tepat. 

Sementara ilmu ekonomi pembangunan mungkin menggunakan prinsip-prinsip ilmu ekonomi yang lainnya, baik dalam bentuk asli maupun setelah diubah, tetapi untuk sebagian besar, ilmu ekonmi pembangunan adalah satu bidang yang sedang mengembangkan struktut teori serta metodologinya dengan begitu cepatnya.

Ilmu ekonomi pembangunan menurut Todaro selain membahas yang berkaitan dengan permasalahan alokasi sumber daya secara efesien dan pertumbuhan yang lestari dari waktu ke waktu, juga menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan mekanisme-mekanisme perekonomian, sosial, dan kelembagaan, baik yang ada di pemerintahan maupun yanga ada di sektor swasta. Tujuannya adalah untuk menciptakan upaya perbaikan taraf kehidupan yang lebih luas serta lebih cepat bagi kelompok yang terus tercekam kemiskinan, kelaparan, serta buta huruf yang hidup di kawasan Afrika, Asia, maupun di Amerika Latin.

Dengan demikian, kata Todaro, ilmu ekonomi pembangunan jauh lebih luas dibandingkan dengan ilmu pembangunan tradisional maupun politik ekonomi, karena ilmu ekonomi pembangunan berkaitan dengan proses-proses politik serta perekonomian yang dibutuhkan guna mempengaruhi transformasi struktural serta kelembagaan dari seluruh lapisan masyarakat, dengan cara yang akan menghasilkan adanya kemajuan ekonomi secara efesien bagi kebanyakan penduduk. 

Karena itu, maka perencanaan ekonomi yang terkoordinasi dan kebijaksanaan ekonomi dalam negeri dan internasional yang berwawasan luas biasanya dianggap sebagai bagian esensial dari ilmu ekonomi pembangunan.

Pentingnya Mempelajari Ekonomi Pembangunan

Menurut Preston (Subandi, 2012) ada tiga pilar utama dibalik munculnya teori pembangunan, yaitu pertumbuhan ekonomi, bantuan luar negeri, dan perencanaan. Pada umumnya pembangunan ekonomi dipusatkan pada usaha-usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kebijakan tersebut diempuh dengan alasan bahwa; pertama keterbelakangan dibidang ekonomi memang paling dirasakan, dan kedua, pembangunan di bidang ekonomi diyakini dapat mendorong perubahan-perubahan dan pembaharuan dalam bidang-bidang kehidupan lainnya di masyarakat sehingga diharapkan mampu mendukung/mempercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Menurut Bruce Herrick/Charles P. Kindleberger (Sanusi, 2004) mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa ekonomi pembangunan dipelajari, seperti alasan moral dan etika, kepentingan negara, kepentingan swasta, masalah lingkungan dan adanya rasa ingin tahu intelektual.

Untuk dapat lebih memahami peningnya peranan pembangunan ekonomi dalam pembangun nasional, diperlukan pemahaman tentang pengertian dasar, teori-teori dan konsep-konsep Ilmu Ekonomi Pembangunan. Karena Ilmu Ekonmi digunakan untuk menganalisa dan metode berfikir dalam wujud teori-teori dan model-model yang dapat diaplikasikan untuk menganalisis permasalahan dan merumuskan kebijakan pembangunan ekonomi sebagai subsistem dari pembangunan.

Baiklah sahabat mahasiswa untuk dapat lebih memahami tentang ilmu ekonomi dalam pembangunan, mari kita berdiskusi melalui vicon DISINI. Kemudian mengisi daftar hadir melalui link DAFTAR HADIR.


Referensi:

Sanusi, B. 2004. Pengantar Ekonomi Pembangunan. Rineka Cipta: Jakarta.
Subandi. 2012. Ekonomi Pembangunan. Alfabeta: Bandung

_

Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

Post a Comment