Mengenali Ragam dan Klasifikasi Media Pembelajaran

Post a Comment

DESBUD.ID Alhamdulillah. Puji syukur kepada Allah SWT kita dapat melanjutkan perkuliahan kita tentang Media Pembelajaran. Pada pertemuan sebelumnya, kita membahas tentang konsep media bahwa terdapat 3 komponen penting dalam media pembelajaran, yaitu pesan/materi, orang, dan alat. Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji bebrbagai ragam dan klasifikasi media pembelejaran.


Media pembelajaran berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Dari media pembelajaran teknologi tradisional cetak, audio-visual, sampai teknologi mikroprosesor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan interaktif. Seels & Richey (Arsyad, 2016). Menurut Williams (Pribadi, 2017) mengemukakan klasifikasi dan ragam media pembelajaran sebagai berikut:

  • Media yang tidak dapat diproyeksikan atau non-projected media, seperti foto, diagram, bahan pameran atau display, dan model
  • Media yang dapat diproyeksikan atau projected media misalnya, LCD
  • Media audio seperti kaset, campact disc (CD) audio yang berisi rekaman kuliah, ceramah narasumber, dan rekaman musik
  • Media gambar gerak atau media video, seperti VCD, DVDs, dan blue rays disc
  • Pembelajaran berbasis komputer, dan
  • Multimedia dan jaringan komputer

Selain itu, Heinich dkk (2005) mengklasifikasikan media pembelajaran seperti berikut:

Klasifikasi Media Menurut Heinich


Media cetak/teks; 

Merupakan jenis media yang telah lama digunakan dalam pembelajaran. Media cetak juga dipandang sebagai jenis media yang relatif murah dan memiliki sifat sangat fleksibel bagi penggunanya. Media cetak yang berisi teks memiliki ragam yang bervariasi juga memuat informasi dan pengetahuan seperti buku, brosur, leaflet, handout, gambar, chart, grafik, poster, dan kartun. Penggunaannya pun tidak memerlukan peralatan khusus. Sehingga peserta didik dapat memanfaatkan media ceta ini dengan mudah.

Ciri-ciri media cetak sebagai berikut:

  • Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang
  • Menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif
  • Media ditampilkan secara statis atau diam
  • Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual
  • Berorientasi pada siswa
  • Informasi dapat diatur kembali atau ditata ulang oleh pemakai


Media Grafis dan media pameran/display; 

Media ini digunakan sebagai sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunanya. Sama halnya dengan media cetak, jenis media pembelajaran ini juga bervariasi. Penggunaan media grafis dan pameran dilakukan dengan cara memperlihatkan disuatu tempat tertentu sehingga pesan dan informasi yang terdapat di dalam media tersebut dapat diamati dan dipelajari oleh peserta didik. COntoh media ini adalah realia, model, diorama, dan kit.

Media audio; 

Meida audio merupakan jenis media yang efektif dan efesien untuk digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu melatih kemampuan penggunanya dalam mendengerkan informasi dan pengetahuan lisan secara komprehensif. Walaupun jenis media ini dapat digunakan untuk menyampaikan hampir semua jenis informasi dan pengetahuan, namun sejumlah ahli berpandangan bahwa media audio pada dasarnya sangat tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tentang kemampuan berbahasa dan juga seni.

Gambar bergerak/motion pictures

Merupakan jenis media yang mampu menayangkan gambar bergerak yang terintegrasi dengan unsur suara. Contoh jenis media ini yaitu media film dan video. Kedua jenis media ini memiliki features atau kemampuan yang luar biasa sebagai sebuah media komunikasi. Media video dan film mampu menampilkan informasi dan pengetahuan dalam sebuah tayangan informasi dan pengetahuan yang mendekati realistik.

Selain digunakan untuk pembelajaran pada aspek kognitif, media ini juga dimanfaat dalam pendidikan afektif dan penanaman karakter. Tidak hanya itu, media ini juga bisa digunakan untuk mendemonstrasikan proses dan prosedur kerja yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas dan pekerjaan.

Media gambar bergerak dapat juga disebut sebagai media audio-visual, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bersifat linear
  • Menyajikan visual yang dinamis
  • Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pembuatnya
  • Merupakan reprentasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak
  • Dikembangkan menurut prinsip psikologis begaviorisme dan kognitif
  • Berorientasi kepada guru dengan tingkat keterlibatan interaktif yang rendah


Multimedia; 

Media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang kaya bagi penggunanya. Multimedia dapat menampilkan pesan dan pengetahuan dalam bentuk gabungan atau kombinasi antara beberapa format penayangan, seperti: teks, audio, grafis, video, dan animasi secara simultan. Dengan kemampuan seperti ini program multimedia dapat menayangkan informasi dan pengetahuan secara komprehensif yang dapat dipelajari oleh peserta didik.

Ciri-ciri media gabungan atau multimedia ini adalah:

  • Dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear
  • Dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa atau berdsaarkan keinginan pembuatnya
  • Gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman peserta didik, dan melibatkan interaktivitas peserta didik yang tinggi
  • Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pembelajaran


Media berbasis web atau internet.

Perangkat komputer saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Perangkat ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai sarana untuk melakukan komputasi, tetapi telah menjadi sarana untuk melakukan komunikasi. Penggunaan komputer telah membentuk suatu jaringan atau network yang mendunia. Sebagai pengguna jaringan komputer, kita dapat berkomunikasi dengan jaringan komputer yang berada belahan dunia lain. Selain untuk melakukan komunikasi antar jaringan, komputer juga dapat digunakan untuk mencari dan menemukan atau browsing dengan beragam informasi dan pengetahuan yang diperlukan dari berbagai situs atau website yang ada.

Kita dapat mengembangkan isi atau materi pembelajaran dari beragam situs jaringan atau web yang tersedia. Seperti halnya situs yang sedang Anda akses pada mata kuliah ini. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan situs web adalah apakah isi atau materi yang terdapat didalamnya sesuai dengan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh pengguna.

Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

Post a Comment