Membuat Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Plotagon

Post a Comment

DESBUD.ID - Alhamdulillah. Puji syukur kepada Tuhan Semesta Alam. Pada masa pendemi ini kita masih dalam keadaan sehat. Pembelajaran masa pandemi membuat guru maupun dosen untuk tetap produktif dan inovatif. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran daring yang telah berlangsung selama 1,5 tahun di Indonesia, telah membuat peserta didik memiliki kejenuhan dan merasa bosan. Sehingga guru atau dosen harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik. Agar peserta didik tetap semangat dalam pembelajaran jarak jauh. 

Berikut ini adalah media/aplikasi animasi yang dapat digunakan untuk guru maupun dosen untuk berkreasi memadukan materi pembelajarannya dengan animasi gerak agar tampak media pembelajaran yang menarik.

Plotagon

Sumber: Google

Ya, Plotagon adalah alat mendongeng pemenang penghargaan untuk segala usia. Dengan aplikasi ini, Anda pada dasarnya memiliki studio animasi di telapak tangan Anda.

Aplikasi plotagon ini merupakan sebuah aplikasi yang didirikan pada tahun 2013 dengan mimpi untuk mengubah setiap keyboard menjadi mesin tik ajaib yang mengubah ide menjadi video melalui kekuatan gabungan teknologi dan animasi.

Metode unik Plotagon ini mengkombinasikan teknologi game + produksi film klasik + penulisan skenario kuno.

Sepanjang jalan, pengguna yang sama ini telah mendefinisikan ulang Plotagon dan mengubahnya menjadi sesuatu yang jauh lebih besar daripada yang pernah dibayangkan pada tahun 2014 ketika plotagon meluncurkan versi pertamanya.

Saat ini, komunitas warga global termasuk, Influencer, pendongeng, guru, dan pelatih perusahaan menggunakan Plotagon untuk menceritakan kisah dan mendidik siswa, karyawan, kolega, dan masyarakat luas. Pada November 2020, Plotagon secara resmi menjadi bagian dari grup Bublar. 

Dimana Cara Mendapatkan Aplikasi Plotagon?

Aplikasi Plotagon kini memiliki 2 versi, yaitu aplikasi Mobile dan aplikasi Dekstop. Anda dapat mengunduh melalui link berikut ini:

Plotagon Moblie App

Plotagon Dekstop App


Bagaimana Cara Menggunakan Plotagon?

Ingin mencoba cara termudah dan paling menyenangkan untuk membuat film animasi yang pernah ditemukan?

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih adegan
  2. Buat aktor Anda sendiri
  3. Tulis ceritamu dan biarkan Plotagon mewujudkannya
  4. Simpan karya agung Anda dan bagikan dengan dunia!

1. Klik Create

2. Klik Scene

3. Klik Scene

4. Pilih Backdrop

5. Tambahkan Aktor

6. Pilih Karakter (Pada bagian ini, Anda bisa membuat karakter baru atau pilih yang sudah ada)

7. Buatlah narasi dan alur cerita

8. Pilih Render Video

9. Pilih Resolusi dan klik Render Video untuk menyimpan

Video animasi Anda telah berhasil tersimpan dan siap di share melalui media sosial Youtube maupun ruang kelas online Anda. Selamat mencoba.

Aplikasi plotagon ini sangat  direkomendasikan untuk Anda yang kreatif dan inovatif. Sehingga mampu menghasilkan media pembelajaran yang kualitas dan menarik. 

Berikut ini contoh hasil sederhana yang saya buat.


Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda boleh share kepada rekan sejawat dan mengajak untuk lebih kreatif dan inovatif. Semoga bermanfaat.


Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

Post a Comment