Laporan Kegiatan Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur

Post a Comment

DESBUD.ID - Kegiatan Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur yang dilaksanakan selama 3 hari sejak hari Senin, 21 Desember 2020 sampai hari Rabu, 23 Desember 2020. 

Guru mata pelajaran yang hadir mengikuti kegiatan ini adalah mata pelajaran agama, matematika dan IPS.

Laporan Kegiatan Hari Pertama Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur

Pemateri Hari Senin, 21 Desember 2020

  1. H. Syafruddin B., S. Ag. M. Pd. I
  2. H. Warsito, M. M
  3. Mustakim, S. Ag. M. Pd.

Bapak H. Karwito, M.M selaku kepala kantor Kementerian Agama Lampung Timur membuka acara Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS dihadiri oleh 40 peserta guru madrasah se-Lampung Timur. Diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru-guru madrasah yang profesional.

Selain itu, Bapak H. Karwito, M.M juga memberikan materi tentang Pengambilan Kebijakan dalam Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur tersebut. 

Dalam pengambilan kebijakan pemerintah selalu menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah selalu berubah. 

Terkait kebijakan pendidikan, Bapak H. Karwito menyampaikan poin-poin penting yang dalam kebijakan pendidikan saat ini.

1. Pendidikan untuk semua

Bapak Karwito menjelaskan bahwa setiap anak usia sekolah harus mendapatkan hak dalam pendidikan. Tidak terkecuali anak usia sekolah dari keluarga miskin. Mereka wajib mendapatkan pendidikan. Sekolah dapat memberikan kebijakan kepada keluarga tersebut untuk dibebaskan dari biaya sekolah.

2. Membangun karakter

Karakter yang harus dibangun oleh guru-guru madrasah yaitu karakter ke-Indonesia-an. Mengingat negara kita merupakan negara religius, karakter yang juga harus dibangun melalui pendidikan adalah karakter keagamaan. Selain itu, guru madrasah juga harus membangin karakter kabangsaan. Dimana guru mampu membuat siswa bangga terhadap bangsanya sendiri.

3. Peningkatan akses dan fasilitas pendidikan

4. Peningkatan kompetensi pendidikan (guru dan siswa)

Sebelumnya, ketua palaksana kegiatan Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS Bapak H. Syafruddin B, M. Pd. I kepala seksi Mapenda Kemenag Lampung Timur  menyampaikan materi penting terkait pedagogik seorang guru.

Menurutnya guru pada jaman dahulu berbeda dengan guru saat ini. Dahulu guru begitu sangat dihormati. Memiliki kharisma saat mengajar. Hal tersebut disebabkan karena guru itu harus mengajar dengan hati. Menjadi teladan bagi murid-murid nya. Tidak perlu marah-marah dalam menasehati siswa. Berpenampilan rapih. Dan yang paling penting adalah dapat menanamkan karakter kepada siswa. 

Penanaman karakter pada siswa ini lah yang harus dirancang dan direncanakan pada pembelajaran dalam bentuk RPP. Sehingga motto madrasah yang Hebat dan Bermartabat dapat terwujud.

Analisis Standar Pendidikan

Sesi ketiga ini disampaikan oleh Bapak  Mustakim, S. Ag. M. Pd. Sebelum dapat merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kita harus bisa menganalisis standar pendidikan terlebih dahulu.

Beliau menyampaikan bahwa Analisis Standar Pendidikan dapat dilihat melalui 2 hal. Yaitu Internal dan Eksternal.

Lebih lanjut materi Analisis Standar Pendidikan dapat dilihat disini.

Laporan Kegiatan Hari Kedua Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur

Pemateri Hari Selasa, 22 Desember 2020

  1. H. Zuni Insyi Sholihati, M. Pd. I

Materi Bimtek hari kedua ini tentang Pengembangan dan Pembuatan RPP. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat RPP adalah mempersiapkan Standar Isi, Silabus, Pemetaan KI/KD dan Kalender Akademik.

Dalam pembuatan RPP Abad 21, komponennya lebih sederhana dibandingkan RPP sebelumnya. Setidaknya terdapat 3 komponen yang tercantum dalam pembuatan RPP 1 Lembar.

Komponen RPP 1 Lembar

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Langkah-langkah Pembelajaran
  3. Penilaian

Pemaparan Materi oleh Ibu  Zuni Insyi Sholihati


Setelah pemaparan materi RPP 1 Lembar oleh Ibu H. Zuni Insyi Sholihati, M. Pd. I, dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama kelompok guru mata pelajaran.

Sesi Diskusi Kelompok Mata Pelajaran

Setelah melaksanakan sesi diskusi membuat RPP mata pelajaran, dilanjutkan presentasi oleh peserta. Presentasi ini menyampaikan pemaparan hasil diskusi terkait analisis KKO, analisis pekan efektif, dan RPP yang telah dibuat.

Presentasi hasil kerja kelompok

Hasil pembuatan RPP 1 Lembar yang diselenggarakan Kemenag Lampung Timur dapat dilihat disini.

Laporan Kegiatan Hari Ketiga Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur

Pemateri Hari Rabu, 23 Desember 2020

  1. H. Budi Pranoto, M. Pd. 

Kegiatan Bimtek hari ketiga tentang Pembuatan Butit Soal HOTS. Seperti hari sebelumnya, kegiatan Bimtrk hari ketiga ini juga dibagi menjadi 3 sesi. Pemaparan materi oleh narasumber Bapak H. Budi Pranoto, M. Pd kemudian sesi kedua diskusi kelompok mata pelajaran. Diskusi kelompok ini dibagi 2 tahap. Tahap pertama membuat kisi-kisi butir soal dn taahap kedua baru membut butir soal. Setelah sesi diskusi kalompok mata pelajaran, selanjutnya sesi ketiga presentasi dari masing-masing kelompok mata pelajaran. 

Pemaparan materi oleh Bapak Budi Pranoto


Dalam pemaparannya, Bapak Budi Pranoto menjelaskan latar belakang penulisan butir soal HOTS. Dimana saat ini perkembangan dan tantangan masa depan yang begitu pesat, guru harus mampu mengajak peserta didik untuk berfikir dan menganalisa sehingga mampu memecahkan masalah. Oleh karenanya dalam membuat butir soal, harus mengacu pada keterampilan berfikir tingkat tinggi. Tidak lagi hanya sekedar mengetahui, memahami atau penerapan saja. Melainkan saampa pada level berfikir ke-3 yaitu penalaran. Dimana kita ketahui bahwa level berfikir terdapat level 1 tentang pemahman, level 2 tentang penerapan, dan level 3 tentang penalaran.

Soal HOTS dpat dibuat dalam berbagai bentuk soal seperti: Pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian, unjuk kerja, dan portofolio. Pada pembuatan soal HOTS, peserta didik diberikan stimulus tau rabgsangan soal yang menarik perhatiaan. Stimulus ini merupakan konteks dunia nyata dan kebaruan atau kekinian berupa wacana, ilustrasi, gambar, tabel, grafik, informasi, maupun diagram.

Presentasi hasil kerja kelompok


Hasil pembuatan butir soal HOTS yang diselenggarakan Kemenag Lampung Timur dapat dilihat disini.

Demikian Laporan Kegiatan Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS yang diselenggarakan oleh Kemenag Lampung Timur. Dengan berakhirnya materi hari ketiga maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan Bimtek Pengembangan Pembuatan RPP dan Penulisan Butir Soal HOTS - Kemenag Lampung Timur. 

Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara konsisten dan sungguh-sungguh. Bahkan menjadi skala prioritas utama dalam peningkatan kualitas pendidikan madrasah. Melalui pelatihan-pelatihan guru yang luar biasa ini. Sehingga slogan Madrasah Hebat dan Bermartabat dalam terwujud. 

Berbagi informasi dunia pendidikan dengan Masyarakat Peduli Pendidikan di Grup Telegram http://t.me/masyarakat_MPd


Salam santun,

Metro, 23 Desember 2020

Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe