Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD

3 comments

DESBUD.ID Hallo sahabat-sahabat guru yang telah dan sedang melaksanakan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita. Ikhlas dan awali dengan doa. Semoga kebaikan yang kita lakukan menjadi amal jariyah yang akan menolong kita di akhirat kelak. 

Sahabat-sahabatku, beberapa kasus yang terjadi di sekolah/madrasah bahwa masih banyak sahabat-sahabat guru yang masih kesulitan dalam menganalisis hasil penilaian siswa. Akibatnya tidak tepat dalam memberikan threatment atau melakukan follow up dari hasi penilaian yang dilakukan.

Saat ini penilaian telah diserahkan kepada sekolah masing-masing seperti halnya Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Sekolah melalui guru-gurunya membuat soal Penilaian Akhir Semester (PAS) nya masing-masing. Pada postingan berikut ini, saya akan membagikan Aplikasi Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD. Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD ini didapatkan dari sahabat guru dan saya bagikan kepada Anda. 

Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD

Aplikasi Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD

Terkadang masih ada guru yang memberikan remedial pada akhir semester dengan pukul rata semua KD di remedi. Padahal tidak semua KD hasil penilaian siswa tersebut nilainya rendah semua.

Aplikasi analsisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh sahabat guru. Dapat dimanfaatkan dalam menganalisis hasil penilaian akhir semester siswa secara per KD. Sehingga kita dapat mendeteksi KD berapa siswa kita yang nilainya rendah dan perlu remedial atau mendeteksi pada KD berapa siswa kita yang memiliki nilai tinggi dan perlu pengayaan. Sehingga kita dapat memberikan follow up kepada siswa sesuai dengan kompetensinya. 

Aplikasi analisis penilaian akhir semester (PAS) per KD ini berbentuk excel sehingga mudah untuk digunakan dan dimodifikasi.

Mengenal Fitur Aplikasi Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD

Aplikasi Analisis Penilai Akhir Semester (PAS) per KD dalam bentuk excel ini sangat sederhana dan mudah dimodifikasi. Tujuannya agar mudah digunakan oleh sahabat-sahabat guru. Berikut ini adalah fitur-fiturnya:

1. Judul

Judul dapat sahabat modifikasi sesuai dengan kondisi masing-masing.

2. Identitas

Identitas ini berisi Nama Sekolah, Mata Pelajaran, dan Kelas/Semester. Identitas ini juga dapat sahabat sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

3. KD dan Jumlah Soal

Kolom KD dalam aplikasi ini dibuat berjumlah 5 KD, sahabat dapat mengubah sesuaikan jumlah soal yang akan diujikan pada penilaian akhir semester dengan membagi jumlah soal per KD masing-masing. Seperti contoh gambar berikut ini:

Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD
Judul dan Identitas

4. Nama Siswa

Sahabat guru salin dan tempelkan nama daftar nama siswa pada kolom ini dalam satu rombel yang mengikuti penilaian akhir semester.

5. Kunci Jawaban

Sahabat guru silahkan input kunci jawaban pada kolom kunci jawaban sesuai jumlah soal yang di ujikan pada penilaian akhir semester.

6. Jawaban Siswa

Pada bagian ini, sahabat guru dapat menginput jawaban siswa secara manual jika penilaian akhir semester dilakukan offline atau tatap muka berbasi kertas dan pensil (KP). Namun jika sahabat guru melakukan penilaian akhir semester dengan menggunakan google form, sahabat dalam menyalin dan menempel jawaban siswa pada kolom ini.

Nama siswa dan jawabannya

7. Analisis per KD

Pada analisis ini sahabat guru dapat melihat jawaban benar dan salah siswa serta nilai per KD. Nilai ini otomatis, sahabat guru tidak perlu menganalisisnya secara manual.

Analisis Hasil Penilaian Akhir Semester per KD
Analisis Hasil Penilaian Akhir Semester per KD


Demikian pengenalan fitur aplikasi Analisis Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD yang dapat saya bagikan kepada sahabat guru. Sahabat dapat juga mengunduh Aplikasi Analisis Hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) per KD secara gratis. Semoga dapat bermanfaat.




Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

3 comments

  1. Replies
    1. Disini pak https://www.desbud.id/2020/12/aplikasi-analisis-hasil-penilaian-akhir.html?

      Delete

Post a Comment

Subscribe