Materi Belajar IPS - Pluralitas Masyarakat Indonesia | BAB 2 - Kelas 8

5 comments

DESBUD.ID Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, ras, pekerjaan dan lainnya. Keberagaman inilah Indoensia disebut sebagai plural. Lalu apa yang dimaksud dengan Pluralitas? Pada kesempatan kita akan mempelajari materi tentang Pluralitas Masyarakat Indonesia.  

Pluralitas

Plural (dalam bahasa inggris) artinya Jamak. Jadi Pluralitas berarti kemajemukan. Pluralitas dengan multikultural memiliki hubungan. Sebab, multikultural berasal dari kata Multi dan Culture. Multi yang berarti banyak (lebih dari dua), dan culture berarti kebudayaan. Jadi masayarakat Multikultural berarti masyarakat yang memiliki lebih dari 2 kebudayaan.

Pluralitas Masyarakat Indoensia

Kemajemukan masyarakat Indonsia diihat dari beberapa aspek: Agama, Budaya, Suku, dan Pekerjaan.

Perbedaan Agama

Setiap agama memiliki pedoman cara beribadah sesuai tuntunan agama yang berbeda-beda. Dengan memahami perbedaan agama ini, agar dalam diri kita tumbuh rasa saling memahami dan mengahargai sesama umat beragama atau menumbuhkan rasa semangat toleransi dalam beribadah.

Perbedaan Budaya

Koentjaraningrat (1996) menjelaskan bahwa kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddhayah. Buddhi berarti budi atau kekal. Culture (Colere) yang berarti mengolah, mengerjakan, dan terutama berhubungan dengan pengolahan tanah bertani). Memiliki makna yang sama dengan kebudayaan, yang kemudian berkembang maknanya, menjadi "segala daya upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah dan mengubah alam"

Perbedaan Suku Bangsa

Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa. Polpulasi terbesar adalah suku jawa yang tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Sejak ribuan tahun yang lalu, berbagai suku bangsa di Indonesia hidup berdampingan secara harmonis. Berbagai suku bangsa di Indonesia salig memahami dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Pada masa sekarang, dapat kita temukan berbagai suku bangsa di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini membuktikan bahsa suku bangsa Indonesia sangat terbuka menerima kedatangan berbagai suku bangsa yang berbeda. Mereka hidup berdampingan dan bekerjasama untuk membangun bangsa dan negara. Bahkan, banyak masyarakat yang melakukan perkawinan campur. Mungkin saja beberapa teman kita atau bahkan orang tua kita sendiri yang menikah dari berbeda suku bangsa.

Perbedaan Pekerjaan

Semua pekerjaan itu mulia, selama pekerjaan tersebut bermanfaat bagi diri dan orang lain. TIdak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi derajatnya. Semua profesi, saling membutuhkan. Tanpa guru, tidak akan ada polisi dan dokter. Tanpa petani, tukang pijat dan polisi dapat mengalami kelaparan. Demikian seterusnya menunjukkan bahwa setiap pekerjaan itu penting dan saling membutuhkan. Rantai kehidupan manusia, tersusun sedemikian rupa hingga saling membutuhkan. 

Peran dan Fungsi Keragaman Budaya

Setiap suku bangsa memiliki wujud kebudayaan yang berbeda-beda seperti tarian. Tarian daerah sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia dan daya tarik bangsa asing. Kekayaan kesenian berupa tarian daerah, menjadi salah satu daya pikat wisatawan. 

Tarian daerah bukan hanya sekedar untuk dilihat, tetapi juga mengandung makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Tarian daerah di Indonesia merupakan ekspresi jiwa masyarakat Indoensia. Tarian tersebut mengambarkan nilai-nilai penting yang dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi masyarakat masa sekarang.

  1. Sebagai Daya Tarik Bangsa Asing
  2. Mengembangkan Kebudayaan Nasional
  3. Tertanamnya Sikap Toleransi
  4. Saling Melengkapi Hasil Budaya 
  5. Mendorong Inovasi Kebudayaan 
Demikian materi Pluralitas Masyarakat Indonesia yang dapat Mr. Desbud bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.



Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

5 comments

  1. 1. Apa yang dimaksud dengan Prulalitas?
    2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pekerjaan dan berikan Contohnya!

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum wr.wb. saya Nella Puspita kelas VIII 1 meminta izin untuk bertanya

    1. Apa yang dimaksud dengan Prulalitas?
    2. Jelaskan apa yang dimaksud Perkerjaan dan berikan contohnya!

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum saya fahri irawan dari kelas : VIII¹ mengajukan pertanyaan:
    1. Suku apa yang hampir tersebar di seluruh wilayah indonesia?
    2. Sebutkan fungsi keragaman budaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr.wb nama Ahmad Yasin firdaus kelas 81 mau tanya
      1.apa yg dimaksud prulalitas?
      2 sebutkan fungsi keragaman?

      Delete
  4. Assalamualaikum saya FIKRI ZAM ABIYUSA kelas 8² meminta izin untuk bertanya:
    1. Apa yang anda ketahui tentang
    PLURALITAS?
    2. Kemajemukan masyarakat INDONESIA
    Dapat dilihat dari beberapa
    aspek,sebutkan!

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe