Persiapan Mengikuti Kegiatan SAGUSABLOG

Post a Comment

DESBUD.ID - Salam SAGUSABLOG sahabat guru hebat seluruh Nusantara. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat lahir dan batin. Tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Tidak dapat kita pungkiri, bahwa apa yang kita lakukan dan hasil yang kita peroleh tidak lepas dari kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Maka patutlah kita selalu bersyukur kepada Sang Pencipta yang tiada patut di pertuhankan selain-Nya.

SAGUSABLOG merupakan kegiatan para guru Indonesia untuk belajar membuat media pembelajaran berbasis blog yang diprakarsai oleh Mr. Mung dan Kang Dahli. Kegiatan ini telah berlangsung sejak lama dan melatih banyak guru-guru hebat seluruh Indonesia. 

Pelatihan yang mudah dan dengan cara yang menyenangkan, membuat pelatihan ini selalu diminati oleh guru-guru hebat. Semangat Sharing And Growing Together oleh Ikatan Guru Indonesia sangat kental dalam pelatihan yang satu ini. 

Kegiatan SAGUSABLOG memiliki 2  (dua) jenjang pelatihan. Yaitu SAGUSABLOG DASAR dan SAGUSABLOG LANJUTAN. Kelas dasar diperuntukkan kepada guru-guru hebat yang baru pertama kali mengikuti kegiatan sagusablog. Kelas lanjutan hanya khusus bagi peserta yang telah mengikuti kelas dasar. Jadi meskipun telah mahir dalam dunia blogging, jika belum melalui kelas dasar tidak diperkenankan untuk mengikuti kelas lanjutan. Meskipun demikian, jika telah mengikuti kegiatan sagusablog sebelumnya, peserta dapat mengikuti kembali kegiatan di lain waktu. Lalu apa persiapan sebelum mengikuti kegiatan SAGUSABLOG?



Persiapan Mengikuti Kegiatan SAGUSABLOG

Daftar di SIM-GP

Penting dalam mengikuti kegiatan Ikatan Guru Indonesia Anda harus mendaftarkan diri sebagai peserta di gurupembelajar.igi.or.id

Telegram

Telegram sebagai sarana komunikasi dalam kegiatan ini. Baik pelatihan offline maupun online sebaiknya Anda perlu memiliki telegram dan masuk Grup SAGUSABLOG.

Perangkat Pembelajaran

Sesuai tujuan pembuatan blog guru, administrasi guru yang tidak dapat dipisahkan adalah perangkat pembelajaran. Pada pelatihan ini, Anda perlu mempersiapkan perangkat pembelajaran minimal Silabus dan RPP.

Meskipun kedua perangkat tersebut dapat Anda tulis di postingan blog, namun sebaiknya Anda simpan perangkat pembelajaran tersebut di Google Drive.

Materi Pembelajaran

Sama halnya dengan perangkat pembelajaran, materi pembelajaran dapat Anda tulis di postingan. Tetapi Anda juga diperbolehkan menyimpan materi pembelajaran di google drive.

Bank Soal

Pada pelatihan sagusablog, soal yang perlukan hanya beberapa butir soal saja. Namun jika Anda menginginkan setelah pelatihan blog Anda dapat digunakan untuk pembelajaran dikemudian hari, alangkah baiknya Anda juga memiliki bank soal untuk tes online.

Waktu

Banyak diantara peserta sagusablog tidak dapat menyelesaikan tugas modul bukan karena tidak bisa. Namun tidak memiliki cukup waktu untuk lebih fokus pada pelatihan. Semangat guru-guru hebat mengikuti berbagai pelatihan dalam waktu bersamaan, membuat beberapa guru tidak dapat mengatur waktu menyelesaiakan tugas pelatihan. 

Alangkah baiknya, jika Anda mengatur waktu sebelum benar-benar mengikuti pelatihan, agar Anda dapat Fokus Pada Tugas Wajib Sagusablog.

Demikian Tips And Tricks yang dapat Mr. Desbud bagikan kepada sahabat guru-guru hebat. Semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan tugas workshop dengan baik. Ikuti petunjuk mentor dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengikuti Workshop Sagusablog

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe