Media Belajar IPS - Keadaan Alam Indonesia | BAB 1 Kelas 7

Post a Comment

Pasti anda tahu bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia terdapat gunung berapi yang aktif. Apa yang menyebabkan wilayah Indonesia terdapat banyak gunung berapi aktif? Pada 26-27 Agustus 1883, bencana meletusnya gunung berapi terdahsyat dari seluruh dunia terjadi di Indonesia. Gunung Krakatau yang ada di Selat Sunda.

Bentuk muka bumi dan keadaan iklim berhubungan erat terhadap keragaman dan persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia. Kita patut bersyukur tinggal di Inonesia yang memiliki iklim tropis. Cuacanya tidak terlalu ekstrim seperti negara lain yang memiliki 4 musim.

Bersama Mr. Desbud mari kita belajar mengenali kondisi Alam Indonesia kita yang cintai bersama guru Anda. Agar kita bisa lebih mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita bisa hidup di negeri yang penuh dengan rahmat. 

Media Belajar IPS - Keadaan Alam Indonesia | BAB 1 Kelas 7
Gambar: www.desbud.id

Keadaan Fisik Indonesia

Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar, lempeng Indo-Australia, Eurasia dan Lempeng Pasifik. Hal ini yang menyebabkan wilayah Indonesia memiliki rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api. Selain itu, pergerakan lempeng tersebut menyebabkan Indonesia rentang terhadap bencana gempa bumi sampai tsunami. Gempa di Indonesia memiliki 2 jenis, yaitu Gempa Tektonik yang disebabkan karena pergerakan lempeng tektonik. Dan Gempa Vulkanik yang disebabkan karena aktivitas gunung berapi.

Bentuk Indonesia yang berupa kepulauan, memiliki 13.466 pulau. Dengan karakteristik yang berbeda-beda atara pulau satu denan yang lain. Secara morfologi Indonesia memiliki wilayah dengan dataran rendah, tinggi, bukit, gunung dan pegunungan.

Wilayah Indonesia berada pada wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi dan penyinaran matahafi yang cukup. Sehingga wilayah Indonesia cocok sebagai wilayah pertanian. 


Keanekaragaman Hayati

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna. Dilihat secara geologis, Indonesia memiliki tiga wilayah besar yaitu Barat, Tengah, Timur.

Tipe Flora Asia (Indonesia Barat) adalah hutan tropis. Hutannya yang lebat dan heterogen, mangrove, dan hutan hujan tropis. Tipe Flora Peralihan (Indonesia Tengah) berupa vegetasi sabana dan hutan pegunungan. Tipe Flora Australia (Indonesia Timur) memiliki corak eucaliptus. Vegetasi mangrove.

Tipe Fauna Asiatis (Barat) berupa harimau, beruang, gajah. Tipe Fauna Peralihan (Tengah) berupa Anoa, kuskus, komodo, kakaktua. Tipe Fauna Australia (Timur) berupa Kanguru, Walabi, Cendrawasih.

Fauna Indoesia yang tidak dimiliki daerah lain adalah Anoa (Sulawesi), Biawak, Komodo (Pulau Komodo, Nusa Tenggara), dan Burung Maleo (Kepulauan Sangihe, Sulawesi).

Bagaimana sikap kita terhadap Alam Indonesia?

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna. Memiliki adab dan moral yang baik, sudah semestinya untuk menjaga keseimbangan alam ini. Menjadi rahmat bagi alam semesta yang kita tinggali ini. Bersyukur kita dapat terlahir dan tinggal di Indonesia yang penuh rahmat.

Menjaga kelestarian alam merupakan wujud syukur kita terhadap Tuhan. Menjaga hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Menanam kembali hutan yang gundul. Dan masih banyak hal lain yang dapag kita lakukan. Menurut Anda apa yang seharusnya dilakukan agar Alam Indonesia kita tetap lestari?

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe