Materi Belajar IPS - Perubahan Akibat Interaksi Antarruang | BAB 1 - Kelas 7

Post a Comment

Interaksi keruangan memiliki beragam jenis pergerakan. Seperti pergerakan orang menuju tempat kerja, migrasi atau perpindahan, perjalanan wisata, memanfaatkan fasilitas umum, transmisi informasi komunikasi dan moda transportasi, pergerakan wilayah pemasaran kegiatan retail, pergadangan, dan distribusi.

Interaksi tersebut akan berdampak pada perubahan. Jadi, pergerakan orang sebagai bentuk interaksi keruangan yang menimbulkan perubahan. Apa saja perubahan akibat interaksi keruangan?

DESBUD ID : Materi Belajar IPS - Perubahan Akibat Interaksi Antarruang | BAB 1 - Kelas 7
Gambar: www.desbud.id


Perubahan Akibat Interkasi Keruangan

Berkembangnya Pusat Pertumbuhan

Pergerakan orang dari berbagai wilayah yang menuju pada satu tempat tertentu menyebabkan pemusatan aktivitas. Aktivitas yang terpusat pada satu tempat ini menimbulkan berbagai kegiatan dan berkembangnya pusat pertumbuhan.

Alih Fungsi Lahan

Timbulnya pusat pertumbuhan yang diakibatkan pemusatan aktivitas tersebut membuat wilayah tersebut menjadi wilayah perkotaan. Karena menjadi pusat aktivitas pergerakan baik orang, barang maupun jasa. Hal ini mengundang semakin banyak aktivitas penduduk diwilayah tersebut. Pergerakan semakin meningkat, sehingga memerlukan banyak lahan untuk aktivitas tersebut. Akhirnya terjadi alih fungsi lahan. Lahan yang tadinya untuk pertanian beralih fungsi untuk non pertanian. Seperti pemukiman, industri, perdagangan, jasa, dan lainnya.

Orientasi Pekerjaan

Dahulu, pekerjaan masyarakat berorientasi pada Sumber Daya Alam. Berkembangnya pusat pertumbuhan, dan berkurangnya lahan serta kebutuhan semakin beragam. Maka pekerjaan masyarakat pun mengalami perubahan. Pekerjaan yang sebelumnya berorientasi pada sumber daya alam, kini berubah menjadi pekerjaan yang lain. Bagi sebagian milineal saat ini, Youtuber menjadi orientasi pekerjaan bagi sebagian mereka akibat dari adanya transmisi informasi. Bahkan ada yang memprediksi anak SD sekarang akan memiliki pekerjaan yang saat ini belum ada.

Berkembangnya Sarana dan Prasarana

Seiring dengan meningkatnya pergerakan aktivitas penduduk, barang, maupun informasi. Semakin meningkat pula kebutuhan akan sarana dan prasarana. Kendaraan dan jalan untuk mempercepat mobilitas atau pergerakan penduduk, maupun barang dan jasa. Fasilitas umum, pusat perdagangan, dan lainnya akan terus bertambah seiring meningkatnya interkasi keruangan.

Sosial dan Budaya

Interaksi keruangan yang terjadi tidak hanya berpengaruh pada sektor dinamika penduduk dan perekonomian saja. Interaksi keruangan yang terjadi akan mempengaruhi perubahan terhadap sosial budaya. Dimana setiap orang memiliki karakter dan budayanya masing-masing. Terlebih jika interkasi keruangan ini terjadi internasional. Bukan tidak mungkin budaya luar yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi masyarakatnya. Misal cara berpakaian sampai pada gaya hidup.

Komposisi Penduduk

Hal yang paling penting akibat dari interaksi keruangan adalah perubahan penduduknya. Terjadinya pemusatan aktivitas di suatu tempat menyebabkan banyaknya pergerakan masyafakat menuju wilayah tersebut. Baik ada yang datang dan pergi, maupun yang menetap diwilayah tersebut. Akibatnya bertambahnya jumlah penduduk wilayah tersebut. Selain itu, masyarakat yang tadinya homogen menjadi sangat heterogen. Berbeda-beda suku, agama, status sosial, usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lainnya.


Bagaimana sikap kita terhadap perubahan?

Perubahan yang terjadi akibat interkasi keruangan tidak dapat dihindari, tetapi dampak negatif dapat kita cegah. Barangkali menurut kita perubahan yang terjadi adalah sesuatu yang negatif bagi kita, tetapi tidak menurut orang lain. 

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan utuk menyikapi perubahan yang terjadi akibat interaksi keruangan.

  1. Bijak menggunakan lahan, alih fungsi lahan hendaknya memperhatikan aspek lestari. Menjaga keseimbangan alam.
  2. Memanfaatkan dan menjaga dengan baik fasilitas umum yang tersedia.
  3. Menjaga keberagaman etnik dan budaya bangsa. Hidup rukun dengan sesama.
  4. Membuka diri terhadap perubahan dengan menyaring perubahan yang tidak sesuai dengam budaya bangsa.

Banyak sikap yang harus kita lakukan terhadap perubahan. Namun demikian yang paling penting adalah kita tidak memandang negatif semua perubahan tersebut. Banyak sisi positif perubahan. Ambil perubahan yang positif dan cegah kemungkinan terjadj perubahan negatif.

Demikian balajar IPS bersama Mr. Desbud pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Selanjutnya pembahasan tentang Interaksi Sosial akan disampaikan secara khusu pada laman berikutnya.


Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe