Media Belajar IPS - Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan Terhadap Kehidupan di Negara-Negara ASEAN | BAB 1 - Kelas 8

Post a Comment

Interaksi antar negara-negara ASEAN dibidang sosial-budaya, pendidikan, dan keamanan memberikan pengaruh perubahan yang besar bagi kehidupan negara-negara ASEAN. Perubahan tersebut dapat diakibatkan dari faktor alam, IPTEK, ekonomi, maupun konversi lahan.

Pada Tujuan Pembelajaran kali ini adalah:

  • Menganalisis pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.
Sebelum mempelajari materi berikut, alangkah baiknya Anda mempersiapkanndiri dengan berdoa. Agar diberikan kemudahan dalam menerima ilmu, dan diberikan keberkahan ilmu.

Pada materi kali ini, Mr. Desbud mengajak Anda harus fokus dan membutuhkan analisis yang tinggi. Sehingga benar-benar memperoleh makna belajar yang sesungguhnya. Sebab, kemampuan menganalisis Anda sangat dibutuhkan untuk dapat mampu bersaing dengan negara-negara lain, seperti di ASEAN ini.

Media Belajar IPS - Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan Terhadap Kehidupan di Negara-Negara ASEAN | BAB 1 - Kelas 8
Gambar: www.desbud.id

Kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi kianntak terbentuk. Banyak negara ASEAN yang berinovasi dibidang industri transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sekaligus memberikan solusi atas permasalahan kemacetan di negaranya. Baik dari membuat transportasj darat di bawah laut, sampai transportasi super cepat dan canggih. Arus mobilitas sosial dari negara satu ke negara lain di kawasan ASEAN semakin meningkat dalam waktu yang singkat.

Teknologi informasi dan komunikasintidakmkalah ketinggalan jaman. Industri TIK juga terus berinovasi dari surat kertas, sampai surat elektronik. Saat ini jarang sekali kita temukan tukang pos mengirimkan surat. Hampir semua serba digitalisasi. Mengirim pesan dapat secara cepat. Begitu pula dalam mengakses informasi, tersedia internet yang membantu orang-orang berjelajah ke seluruh dunia dalam satu genggaman. 

Namun sayangnya, kemajuan TIK ini cenderung membuat orang hidup individualis. Jangan berinteraksi secara nyata. Dan tidak jarang orang yang terkena kasus akibat salah dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Sebagai makhluk sosial yang bermoral, hendaknya kita memiliki batasan dan filter terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Anda membuat jadwal penggunaan handphone, hanya saat jam pembelajaran daring dan meminta orangbtua utuk menyimpan HP Anda jika sudah tidak dipergunakan kembali.

Baiklah, pada materi kali ini Anda dapat mengunduh dan membagikan materi secara gratis dengan mencantumkan sumbernya. Semoga bermanfaat. 

AFTA memungkinkan setiap warga negara di ASEAN untuk mengonsumsi barang dari luar negeri. Sebagai warga negaea yang cinta tanah air, bagaimanakah hendaknya bersikap? Memilih barang yang sama tetapi hasil produksi yang berbeda. Anda memilih produk luar negeri, atau produk dalam negeri?

Konversi lahan tidak dapat dicegah karena kebutuhan manusia. Mencegah konversi lahan akan menghambat pembangunan pada suatu negara. Oleh karenanya, konversi lahan pertanian tetap dilakukan. Meskipun demikian, kita harus mengawasi konversi lahan tersebut, jangan sampai mengganggu keseimbangan alam, ekosistem, dan keberlangsungan makhluk hidup.

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe