Media Belajar IPS - Letak dan Luas Indonesia | BAB 1 - Kelas 7

Post a Comment

Tahukah Anda wilayah Indonesia memiliki luas hampir sama dengan 1/3 luas Benua Eropa? Melihat luasnya wilayah Indonesia, negara ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. 

Setelah Anda mempelajari Ruang dan Interaksi Antar Ruang pada pertemuan sebelumnya bersama. Pada pertemua ini, Mr. Desbud mengajak Anda mengenal ruang yang dimaksud adalah wilayah Indonesia. Sebagai negara tempat dimana kita tinggal saat ini. Masih ingat bahwa antar ruang satu dengan ruang yang lain memiliki keunikannya masing-masing? Demikan pulau-pulau atau daerah-daerah yang ada di Indonesia tentu juga memiliki kekhasannya masinh-masing. Baik dari sumber daya alamnya maupun potensi sosial budayanya.

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang Indonesia. Sebaiknya Anda memiliki jawaban atas pertanyaan berikut. Mengapa Anda harus mempelajari materi ini? 

Dengan mempelajari materi ini, Anda akan menambah rasa mensyukuri nikmat Allah swt karena terlahir di bangsa yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Kemudian menumbuhkan rasa peduli terhadap bangsa untuk menjaga kelestarian sumber daya Alam yang kita miliki.

Media Belajar IPS - Letak dan Luas Indonesia | BAB 1 - Kelas 7
Gambar: www.desbud.id

Untuk mempelajari gambaran Indonesia, terlebih dahulu kita pelajari melalui gambaran pada sebuah peta. Ada yang memiliki atlas? Bisa Anda buka atlasnya, dan kita pelajari bersama. Dimana letak Indonesia dalam peta dunia.

Mengenal Indonesia Melalui PETA

Apa yang terbayang dipikiran Anda jika berbicara tentang peta? Apa yang Anda bisa dapatkan dari sebuah peta? Yah, tentu pemikiran kita pasti sama. Ketika mendengar kata peta, pasti berfikir tentang gambar. Dan kita akan mendapatkan informasi dari gambar tersebut. 

Tahukan Anda dalam era modern ini kita dapat melihat peta dengan visual yang lebih nyta dan menarik. Biasa digunakan orang-orang untuk mencari sebuah tempat atau lokasi. Ya, googlemaps. Anda dapat menjelajahi suatu tempat dengan peta google. Tidak perlu membawa atlas kemana-kemana ketika bepergian. Cukup menggunakan ponsel, Anda dapat menjelahi tempat yang Anda sukai.

Namun perlu Anda ketahui, Anda harus mengenal dasar-dasar peta. Dan cara memahami sebuah peta. Agar Anda tidak dalam mendapatkan informasi dari sebuah peta.

Jika dilihat dari skala peta, terdapat setidaknya ada 5 macam peta. Peta Kadaster/Peta Teknik (skala 1 : 100 - 1 : 5.000). Peta Besar (skala 1 : 5.00 - 1 250.000). Peta Sedang (skala 1 : 250.000 - 1 : 500.000). Peta Kecil (skala 1 : 500.000 - 1: 1.000.000). Peta Geografis (skala lebih dari atau sama dengan 1 : 1.000.000).

Peta juga memiliki isi yang bermacam-macam. Ada peta umum seperti: Peta Topografi berisi relief muka bumi dalam skala besar, Peta Korografi skala sedang, dan Peta Dunia berskala kecil. Selain itu ada peta khusus untukmmenggambarkan penampakan tertentu seperti: peta iklim, peta penduduk, peta pertambangan, peta hasil bumi, peta pelayaran, dan lain-lain.

Anda juga akan melihat peta dengan bentuk yang berbeda seperti: Peta Datar (dibuat di bidang datar) yang biasa Anda lihat di atlas. Kemudian ada Peta Timbul (dibuat berdasarkan bentuk sebenarnya) yang dapat Anda jumpai di museum geologi seperti di Merapi dan tempat lain. Nah ada peta yang sering Anda jumpai saat ini, terdapat diperangkat komputer atau di HP Anda, yaitu Peta Digital (dibuat dan tersimpan diperangkat komputer) seperti Google Maps

Bagaimana memanfaatkannya?

Anda dapat menggunakan peta untuk mendapatkan informasi yang anda inginkan. Anda dapat memanfaatkan sebagai alat peraga visul, dokumen ilmiah untuk merencanakan pembangunan, menunjukkan letak suatu wilayah, mengetahui arah, jarak, bentuk, luas, dan lainnya.

Hal penting lain dari sebuah peta adalah skala, untuk mngetahui ukuran sebenarnya dari peta tersebut. Anda dapat mengubah ukuran skala dengan cara dikali atau dibagi dari skala peta aslinya. Contoh sebuah peta berskala 1 : 800.000. Jika Anda akan mempeebesar menjadi 2x lipat, maka Anda harus membaginya menjadi 800.000 : 2 = 400.000. Sehingga skala yang baru menjadi 1 : 400.000. Sebaliknya, jika Anda akan memperkecil skala. Maka Anda harus mengkalinya menjadi 800.000 x 400.000 = 3.200.000. Sehingga skala peta yang baru menjadi 1 : 3.200.000.

Anda dapat mengunduh materi berikut dan membagikan kepada yang membutuhkan. Selalu cantumkan sumbernya saat share materi ya. Semoga bermanfaat.


Jika kita berbicara geografis, berarti kita juga berbicara mengenai keadaan alam (kekuatan rotasi, gravitasi, cuaca; proses erosi, sedimentasi, sirkulasi air, gejala vulkanisme; keadaan fisik: iklim, air, tanah, keadaan topologi: luas, letak dan bentuk, keadaan biotik: flora, fauna, manusia) dan keadaan manusia (lingkungan sosial, bentang alm, budidaya dan masyarakat).

Melihat begitu luasnya wilayah Indonesia yang kita cintai. Betapa bersyukurnya kita dapat tinggal di Indonesia. Oleh sebab itu, dengan mengetahui wilayah dan batas wilayah Indonesia. Kita hendaknya memahami wilayah mana saja yang harus kita jaga untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Letak Indonesia yang strategis memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia. Namun memberikan dampak yang negatif pula. Penguatan karakter bangsa sangat diperlukan dalam memfilter budaya asing sebagai dampak dari interaksi antar negara. Anda sebagai agent of change harus mampu membentengi diri dari pengaruh negatif budaya asing yang tidak selaras dengan budaya bangsa kita.

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe