Media Belajar IPS - Dinamika Kependudukan Indonesia | BAB 1 - Kelas 7

Post a Comment

Melihat Potensi Sumber Daya Alam Indonesia yang melimpah, tentu ini menjadi suatu nikmat tersendiri dari Allah swt. Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan SDA yang melimpah, memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk mengelola kekayaan alam kita. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana Dinamika Kependudukan Indonesia.

Media Belajar IPS - Dinamika Kependudukan Indonesia | BAB 1 - Kelas 7
Gambar: www.desbud.id


Kita tahu bahwa wilayah Indonesia sangat luas, jadi wajar pula jika penduduk di Indonesia juga banyak. Seperti biasa Mr. Desbud, sebelum belajar mengajak kita untuk berdoa terlebih dahulu agar memperoleh ridho dan keberkahan ilmu. Sebab, usaha tanpa doa itu sombong. Untuk apa kita cerdas, namun tak taat pada Pencipta. Sebagaimana bangsa Indonesia yang besar imi dikenal dengan kereligiusannya. Seperti yang tercantum dalam sila pertama pada Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Menandakan bahwa tauhid diatas segalanya.

Untuk mempelajari kita kali ini, mari kita rumuskan permasalahan dan susun pertanyaan seperti berikut: 

  1. Bagaimana keadaan kependudukan Indonesia?
  2. Mengapa persebaran penduduk di Indonesia tidak merata?
  3. Apa akibatnya dari persebaran penduduk yang tidak merata? 
  4. Bagaimana upaya pemerintah mengatasinya?

Munculkan pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin terjadi, untuk menumbuhkan semangat belajar dan rasa ingin tahu Anda. Seperti pertanyaan apa, dimana, bagaimana, mengapa, dan untuk apa. Dengan demikian, Anda akan memperoleh makna belajar yang sebenarnya.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah:

  • Menjelaskan kondisi kependudukan Indonesia


Menghitung Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk

Pertumbuhan penduduk merupakan bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah yang disebabkan oleh kelahiran, kematian dan migrasi.

Pertumbuhan Penduduk Alami (Natural Population Increase), pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematian.

T = L - M 

Pertumbuhan Penduduk Total (Total Population Increase), pertumbuhan penduduk yang dihitung dari jumlah kelahiran dengan kematian ditambah dengan selisih imigrasi dengan emigrasi.

T = (L - M) + (I - E)


Keterangan

T : Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun 

L : Jumlah kelahiran per tahun

M : Jumlah kematian per tahun

I : Jumlah Imigrasi atau angka perpindahan penduduk masuk

E : Jumlah Emigrasi atau angka perpindahan penduduk keluar

Kategori Angka Pertumbuhan Penduduk

  • Pertumbuhan penduduk rendah apabila pertumbuhan < 1%
  • Pertumbuhan penduduk sedang apabila pertumbuhan 1% - 2%
  • Pertumbuhan penduduk tinggi apabila pertumbuhan > 2%


Menghitung Kepadatan Penduduk

Kepadatan Penduduk Aritmatik, jumlah penduduk pada setiap wilayah dalam 1 km persegi. Dihitung dengan cara jumlah penduduk : luas wilayah.

Kepadatan Penduduk Agraris, jumlah penduduk dibagi luas lahan pertanian. 

Komposisi Penduduk

Piramida Penduduk Muda (Expansive), berbentuk seperti limas ditandai oleh jumlah penduduk usia muda lebih besar dari pada usia tua. Angka kelahiran tinggi dibanding kematian. Akibatnya penduduk semakin bertambah. Contoh: Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Piramida Penduduk Tetap (Stationer), berbentuk seperti granat menggambarkan jumlah usia muda seimbang dengan usia tua. Angka kelahiran dan kematian rendah. Sehingga jumlah penduduk tetap. Xontoh Swedia.

Piramida Penduduk Tua (Counteictive), beebentuk seperti batu nisa menggambarkan lebih banyak penduduk usia dewasa dibandingkan usia muda. Angka kematian lebih besar dibanding kelahiran. Contoh: Amerika Serikat.

Banyak aspek yang dinilai dalam menentukan kualitas penduduk, yaitu: Pendidikan, Pendapatan dan Kesehatan. Ketiganya tidak dapat dipisahkan, dan tidak pula dapat mengakui paling penting. Karena ketiganya bagai mata rantai yang saling mengikat dan tidak dapat dipisahkan. 

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, membuat Indonesia memiliki keragamanan etnik dan budaya. Setidaknya ada 216 suku bangsa yang ada di Indonesia. Dan mereka hidup rukun berdampingan satu sama lain. Semua ini menambah rasa syukur kita kepada Allah swt. terhadap kekayaan Indonesia yang tidak hanyak kaya SDA, namun juga kaya akan budaya.

Hendaknya kita rawat kebhinekaan ini dengan saling menghargai keberagaman. Didaerah tempat Anda tinggal saat ini, terdapat berapa suku bangsa? Bagaimana cara Anda merawat keberagaman yang ada di daerah tempat tinggalmu? 

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe