Madrasah Pendidikan Yang Mengakar Pada Sejarah Bangsa

Post a Comment

 

Desbud Guru IPS
Gambar: Nuhi Alfaruq

Kemerdekaan 75 tahun yang lalu tidak lepas dari peran para ulama. Banyak ulama besar yang serta berperan dalam mengupayakan kemerdekaan Indonesia. Ulama-ulama ini lahir dari pendidikan madrasah yang telah berjalan berabad-abad lamanya. Madrasah telah menjadi saksi perjuangan bangsa ini utuk merdeka. Banyak generasi-generasi hebat terdahulu yang lahir dari madrasah.

Fakta menunjukkan bahwa madrasah telah lahir sebelum ada pendidikan formal berabad-abad lamanya. Jauh sebelum UNESCO menggaungkan life long of Learning madrasah sudah memulainya. Untuk menjawab tantangan masyarakat, madrasah terus berinovasi. Dibuat madrasah keagamaan untuk mengatasi kelangkaan ulama. Untuk mencetak ahli sains, dibuat madrasah cendekia. Untuk menjawab tantangan dunia industri, usaha dan perbankan terdapat madrasah vokasional. Madrasah tidak hanya melatih skill, tetapi juga berkarakter yang santun dan menghargai keragaman.

Oleh karenanya, tidak ada lagi keraguan menuntut ilmu di madrasah. Kualitas pendidikannya telah teruji zaman, yang sampai saat ini madrasah masih tetap eksis.

Jika yang Anda cari:

  1. Pendidikan yang Mengakar pada sejarah Bangsa
  2. Sekolah yang tidak hanya Mengajarkan Ilmu, tetapi juga Akhlak
  3. Intelektual yang mengabdi untuk membangun masyarakatnya
  4. Anak yang memiliki pandangan keagamaan yang Rahmatan lil Alamin yang menghargai pada kearifan lokal
  5. Pendidikan untuk Perubahan

Maka, Madrasah Pilihannya!

Mari sejanak kita tinggalkan aktivitas kita untuk memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia selama 3 menit. Dan luangkan waktu untuk berdoa untuk bangsa. Agar dapat terwujud cita-cita bangsa yang Adil dan Makmur.

Sabiilul Muttaqien mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 tahun. Dari Sabiilul Muttaqien untuk Indonesia Maju.

Bangga dengan Indonesiaku. Merdeka Guruku, Maju Indonesiaku.


Salam Merdeka,

Guru IPS

Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe