Menulis Artikel Terbit Jurnal Internasional Ilmu Sosial Tanpa Revisi - DESBUD.ID

Thursday, July 9, 2020

Menulis Artikel Terbit Jurnal Internasional Ilmu Sosial Tanpa Revisi


Artikel Jurnal Internasional Ilmu Sosial Tanpa Revisi, Desbud.id


Menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa pascasarjana S2, sampai terbit jurnal Internasional merupakan sesuatu yang penting sebagai prasyarat mengikuti ujian komprehensif pada saat ini. Mendengar istilah jurnal internasioanl, bayangan bagi mahasiswa sesuatu yang menyeramkan tetapi keliatan keren kalau bisa terbit jurnal. Terdengar serem, karena internasional identik dengan bahasa inggris. Sedangkan bahasa inggrisnya saja masih berantakan. Bisa engga ya?

Pasti Bisa! Yakin saja pasti bisa, yang penting usaha dulu. Kalau ada revisi segera perbaiki dan ajukan ulang. Sama halnya dengan bimbingan skripsi atau tesis. Dosen ingin melihat progres dan proses kita. Makanya usaha aja dulu, hasil kemudian.

Sebenarnya banyak sekali penerbit jurnal internasional baik yang terindex maupun yang belum. Jika artikel kita baik dan berkualitas tinggi, maka bisa tembus jurnal internasional terindex seperti scopus. Butuh ketekunan dalam menulis artikel agar dapat menembus jurnal internasional.

Hari ini saya menerima surel dari salah satu penerbit jurnal internasional yang sudah saya submit sejak awal bulan yang lalu. Tidak seperti yang saya bayangkan, ternyata menulis artikel dan dapat terbit di jurnal internasional itu menyenangkan. 

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

  1. Tentu saja artikel ilmiah. Pastikan sudah memiliki artikel ilmiahnya ya. Jika sudah memiliki artikel ilmiah, baik dari tesis atau penelitian yang lan. Maka segera translate ke bahasa inggris. Jika belum? Ya, segera buat dan translate.
  2. Hal yang paling penting dalam menulis artikel ilmiah adalah Originality, Presentation, Applicability, Overall Status.
  3. Gunakan format penulisan pada jurnal yang akan dituju.
  4. Cari website penerbit jurnal yang sesuai dengan artikel kita. Kemudian pelajari tata tertib dan format penulisan jurnalnya. Karena saya mengambil kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, maka penelitian saya berkaitan dengan Ilmu Sosial. Oleh karena itu, saya menggunakan Research And Scientific Innovation Society.
Artikel Jurnal Internasional Ilmu Sosial Tanpa Revisi, Desbud.id
Research And Scientific Innovation Society

Keaslian artikel atau originality adalah hal mutlak dalam menulis artikel atau karya ilmiah. Kebaruan topik akan menjadi pertimbangan bagi penerbit untuk cepat diterima dan diterbitkan.

Baca Juga:


Demikian artikel yang kita tulis telah terbit tanpa revisi. Semoga bermanfaat untuk penulis dan akademisi yang ingin menerbitkan artikelnya di jurnal internasional ilmu sosial maupun yang lainnya tanpa revisi.

Bagikan artikel ini

2 comments

  1. Replies
    1. Terimakasih pak, yuk menulis artikel ilmiah. Dan terbitkan ke jurnal internasional.

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi DESBUD●ID semoga bermanfaat. Mari berbagi kebaikan. Salam Edukasi.