Sebelum Mengedit HTML Template Sagusablog - DESBUD.ID

Sunday, June 28, 2020

Sebelum Mengedit HTML Template Sagusablog



Sahabat DESBUD ID tentu saat mengikuti wokshop SAGUSABLOG tidak asing dengan istilah HTML. Edit HTML sesuatu yang sangat penting dalam dunia blogging, untuk mengkreasikan dan mengembangkan blognya. Baiklah untuk Guru Blogger sebaiknya saat mengganti template dengan Edit HTML harus menggunakan Laptop/Notebook/PC ya. Walaupun sebenarnya hanya untuk mengganti template, menggunakan HP pun bisa dilakukan dengan cara pilih PULIHKAN. Namun terkadang widget bawaan dari template sebelumnya masih terbawa. Hal ini sering terjadi di kelas dasar, banyak sahabat yang mengganti template sesuai pada modul 2 dengan cara di Pulihkan. Tetapi ada widget-widget dari template sebelumnya yang belum terganti.

Pada kelas lanjutan ini, sahabat akan mengganti template pihak ketiga. Yaitu template yang sudah disediakan dalam modul 3 workshop sagusablog. Silahkan sahabat unduh sesuai dengan selera, kemudian setelah di unduh, jangan lupa di ekstrak terlebih dahulu. Untuk dapat menerapkan template pihak ketiga, silahkan ikuti panduan yang ada di modul 3 sagusablog ya.

Terdapat 2 cara untuk menganti tamplate pihak ketiga sagusablog.
1. Mengganti template dengan cara Pulihkan
2. Mengganti template dengan cara Edit HTML

Jika saya boleh kasih saran, maka gunakanlah cara yang ke-2. Yaitu mengganti template dengan cara Edit HTML. Namun backup terlebih dahulu tema sebelumnya, dengan cara:
1. Masuk blogger.com
2. Buka Menu Tema
3. Pilih Edit HTML
4. CTRL+A dan Copy
5. Buka notepad dan paste
6. Simpan

Setelah di backup, kemudian buka file html template pihak ketiga yangbtelah di ekstrak. Caranya: Klik kanan 》Buka dengan 》Pilih Notepad. Setelah terbuka kode html di notepad lalu CTRL+A 》Copy

Sekarang buka edit HTML di blogger, caranya sama dengan akan backup tadi.
1. Masuk blogger.com
2. Buka Menu Tema
3. Pilih Edit HTML
4. CTRL+A 
5. Paste kan kode html template pihak ketiga
6. Simpan

Nah, demikian seterusnya jika sahabat akan mengedit Menu, Widget, maupun atribut lain untuk menghias blog. Backup terlebih dahulu, baru mulai mengerjakan Edit HTML.

Melihat kode-kode bahasa asing di Edit HTML, kadang membuat mata perih. Apalagi jika tidak memahami letak widget-widget yang akan di edit. Nah, kali ini Mr. Desbud akan memperkenalkan beberapa fitur pada Edit HTML.


1. Lompat Ke Widget

Sedang mengedit kode HTML tapi lupa nama dan letak widgetnya. Pasti bingung dan capek kalau scroll engga ketemu, gunakan fitur search juga tak tampak. Nah buat sahabat DESBUD ID meskipun baru memulai blogging seperti saya, jangan bingung lagi ya.

2. Pratinjau Tema

Setelah sahabat mengedit html pada tema, sebaiknya lihat hasil edit terlebih dahulu sebelum klik simpan, yaitu dengan klik icon mata. Jika sahabat merasa masih ada yang kurang, atau tidak sempurna dalam edit html, sahabat dalam melanjutkan edit kembali.

3. Kembalikan Widget Ke Default

Icon nomor 3 ini pada menu Edit HTML ini berfungsi untuk mengembalikan widget pada tema semula. Terlalu banyak widget yang tertanam pada blog membuat performa blog menurun. Sehingga perlu menghilangkan widget yang kurang bermanfaat. Jika sahabat ingin mengembalikan widget pada pengaturan semula, maka sahabat hanya perlu klik icon ketiga ini.

4. Kembalikan Perubahan Terakhir

Saat mengedit tema dengan html, sebaiknya bertahap. Jika sedang memgedit menu, maka fokus pada edit menu terlebih dahulu. Kemudian lakukan pratinjau, jika terdapat kelurangan, kembalikan perubahan terakhir kali yang sahabat lakukan dengan klik icon keempat. Kemudian ulangi dari awal dan perbaiki kesalahannya.

5. Simpan

Setelah sahabat merasa sudah cukup baik dalam mengedit html pada tema, dan sudah benar yakin dengan perubahannya. Maka sahabat dalam klik simpan dan lihat blog, sebelum sahabat menyerahkan tugas kepada mentor.

Seringkali peserta workshop online sagusablog setelah mengerjakan tugas tidak di cek mandiri terlebih dahulu. Sehingga tugas selalu dikembalikan lagi oleh mentor untuk diperbaiki. Oleh karenanya, sebaiknya di cek sendiri terlebih dahulu sebelum menyerahkan kepada mentor. 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Terimakasih telah mengunjungi DESBUD●ID semoga bermanfaat. Mari berbagi kebaikan. Salam Edukasi.