Cara Cek Nomor Sertifikat Nasional Kegiatan Ikatan Guru Indonesia di SIM-GP

Post a Comment
desbud

Semoga sahabat DESBUD ID sehat selalu, dan selalu dalam lindungan-Nya. Saat ini Mr. Desbud masih menjalankan aktivitas di rumah. Bagaimana dengan sahabat DESBUD ID. Banyak kegiatan daring, webinar, workshop dan berbagai kegiatan daring lain yang di selenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia maupun yang lainnya. 

Nah, pasti sahabat bertanya-tanya tentang nomor sertifikat nasional yang tercantum dalam sertifikat kan? Atau melihat flyer yang mencantumkan Sertifikat 36 JP Nomor Nasional IGI, tapi tidak tahu maksudnya? Atau pernah masuk di gurupembelajar.igi.or.id ada fitur Cek Validasi Sertifikat namun juga tidak paham menggunakannya?

Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia telah membuat gurupembelajar.igi.or.id, sebuah sistem informasi kepelatihan yang terintegrasi dengan sistem keanggotaan IGI sehingga seluruh sertifikat pelatihan yang diterbitkan lewat sistem ini dijamin keaslian dan validitasnya. Penerbitan sertifikat dengan nomor sertifikat Nasional masing-masing kanal secara otomatis setelah pelatih kegiatan meluluskan peserta. Fitur validasi sertifikat yang sudah dikeluarkan IGI dengan cara scan QR code yang ada pada sertifikat, atau dengan cara memasukkan nomor sertifikat.

Berikut Langkah-Langkah Cek Validasi Sertifikat Nasional IGI

1. Sahabat lihat dan copy nomor sertifikat kegiatan dari SIM-GP. Setiap kanal memiliki desain sertifikat yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh Sertifikat Kegiatan Kanal SAGUSABLOG.

desbud, desbud mentor

2. Masuk ke Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar melalui laman  gurupembelajar.igi.or.id. Pada bagian bawah, terdapat fitur Cek Validasi Sertifikat

3. Masukkan nomor sertifikat sahabat pada kolom tersedia


4. Klik tombol Cek Data, lalu akan muncul data kegiatan sertifikat tersebut


Jika sistem memunculkan data seperti diatas, maka nomor sertifikat sahabat dinyatakan valid dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Namun apabila nomor sertifikat yang sahabat cek tidak memunculkan data, kemungkinan kegiatan tersebut ruang lingkup kegiatan daerah atau wilayah.

Demikian cara cek validasi nomor sertifikat di SIM-GP oleh Mr. Desbud. Semoga bermanfaat untuk sahabat DESBUD ID. Gali dan asah terus kopetensi diri sahabat dengan mengikuti Workshop yang di selenggarakan oleh IGI. Sahabat juga dapat memantaunya di STAR Education agar sahabat dapat menjadi Bintang di Dunia Pendidikan.


Mr. Desbud
GURU - PELATIH - PUBLISHER

Related Posts

Post a Comment

Subscribe